Kasau: Kuasailah Bahasa Untuk Menguasai Dunia

Kasau: Kuasailah Bahasa Untuk Menguasai Dunia

CAKRA101, Jakarta- Kuasailah bahasa untuk menguasai dunia, melalui bahasa , maka Personel TNI AU akan menjadi ujung tombak diplomasi kita dengan angkatan udara lain.

Hal ini disampaikan, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., saat acara Peresmian Skadik 505 menjadi Pusat Bahasa TNI AU, di Mako Skadik 505 Pusbahasa TNI AU, Jakarta Timur, Rabu (25/8/2021).

Lanjut Kasau mengatakan penguasaan bahasa asing harus menjadi kompetensi wajib bagi personel TNI AU.

“Saya berkeinginan kuat untuk dibentuknya lembaga pendidikan bahasa TNI Angkatan Udara secara terpusat, yang dapat melaksanakan fungsi pendidikan secara menyeluruh, guna meningkatkan kompetensi bahasa asing bagi personel angkatan udara.” ujar Kasau

Lebih lanjut Kasau menjelaskan, satuan ini juga diharapkan dapat menjadi pusat penerjemahan dan penyeragaman bahasa asing TNI Angkatan Udara, untuk berbagai kegiatan administrasi, serta kegiatan diplomasi di kawasan.

Senada dengan Kasau, Dankodiklatau menyampaikan bahwa, Pusat Bahasa Skadik 505 adalah organisasi yang penting dalam pendidikan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya untuk menghasilkan hasil didik yang maksimal.

Pusat Bahasa Skadik 505 merupakan organisasi yang penting keberadaanya serta sebagai Centre of Excellent pendidikan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya agar kedepan pendidikan dilaksanakan secara terpusat dalam rangka menghasilkan hasil didik yang maksimal.” Terang Dankodiklatau.

Dankodiklatau berharap dengan adanya sentralisasi dan integrasi pendidikan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing ini, dapat mempermudah proses pembinaan personel dalam penguasaan bahasa guna mendukung tugas TNI AU.

“Dengan adanya sentralisasi dan integrasi pendidikan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing baik bagi instruktur maupun personel TNI AU dalam satu wadah dibawah naungan Pusat Bahasa Skadik 505, akan mempermudah dalam pembinaan personel dalam penguasaan bahasa guna mendukung tugas TNI AU dalam mengawaki alutsista.” Pinta Dankodiklatau.

Acara peresmian diawali dengan penekanan tombol sirine, pendatanganan batu prasasti, dan pengguntingan pita oleh Kasau, dilanjutkan dengan peninjauan Skadik 505 Pusbahasa.

Pusat Bahasa TNI AU Skadik 505 dilengkapi dengan sarana prasarana pendukung dalam kegiatan proses belajar dan mengajar seperti _Smart Class_, Lab Bahasa, Perpustakaan, dan _Common Room_.

Turut hadir mendampingi Kasau, Dankodiklatau, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Pangkoopsau I, Wadankodiklatau, para jajaran Kadis tingkat Mabesau, pejabat jajaran Kodiklatau, dan Danwingdikum beserta jajaran.

MC101-Dispenau