Kunjungi Bombana, Dandim 1413/Buton Pastikan Penyelesaian Pembangunan Kodim Bombana

Kunjungi Bombana, Dandim 1413/Buton Pastikan Penyelesaian Pembangunan Kodim Bombana

CAKRA101, JAKARTA- Dandim 1413/Buton Letkol Inf Muhammad Faozan mendampingi Kasilog Kasrem 143/HO Kolonel Cpl Daniel Cristof Hutubessy dan Kasiintel Kasrem 143/HO Kolonel Inf Joko Tri Hadimantoyo yang mengunjungi Kabupaten Bombana untuk memastikan penyelesaian pembangunan Kantor Kodim Bombana, Kamis (26/8/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 143/HO, Jumat (27/8/2021), pembangunan Kodim Bombana ini merupakan ide dan gagasan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai langkah strategis di masa yang akan datang agar TNI Angkatan Darat dapat segera meresmikan Kodim Bombana sesuai harapan dan keinginan masyarakat Bombana di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pembangunan Kodim Bombana telah disetujui Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa pada tahun ini, menindaklanjuti keinginan besar dari masyarakat Bombana dan Pemerintah Kabupaten Bombana dengan hadirnya 1 Kodim dan 1 Kompi Batalyon, sesuai dengan potensi dan sumber daya yang dimiliki di wilayah Kabupaten Bombana.

“Mengingat begitu luasnya wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara sehingga ke depan, Korem 143/HO yang saat ini memiliki 5 Kodim dan 1 Batalyon agar dapat dikembangkan lagi sesuai dengan hakekat ancaman dan tipologi wilayah yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara, “tegas Dandim 1413/Buton.

Dalam kunjungan ini, Dandim 1413/Buton hendak memastikan penyelesaian pembangunan Kodim Bombana dapat segera terlaksana sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Setelah sebelumnya pada akhir bulan Mei 2021 lalu, Tim Mabesad Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung dari Staf Perencanaan TNI Angkatan Darat beserta stafnya Letkol Inf Teddy L. Himawan melaksanakan kunjungan ke lokasi pembangunan.

“Pembangunan rumah jabatan (rujab) Dandim dan Kasdim Bombana diperkirakan selesai bulan Oktober 2021 dengan prosentase saat ini telah mencapai 53.08% dan pembangunan Kantor Kodim akhir bulan Desember 2021 dengan prosentase pembangunan mencapai 21,06%,”tegas Wasyek Denzibang-3/XIV Kendari Kapten Czi Mustaqim di hadapan Kasi Intel, Kasilog Kasrem 143/HO dan Dandim 1413/Buton.

Selanjutnya Kasilog Kasrem 143/HO Kolonel Cpl Daniel Cristof Hutubessy memberikan arahan dan penekanan kepada pengembang agar pembangunan fisik dapat lebih ditingkatkan dan dioptimalkan sesuai dengan kontrak kerja yang disepakati. Khusus kepada pengawas Denzibang yang ada di lapangan ditekankan agar pengerjaannya terus diawasi secara ketat dan diteliti pertanggungjawabannya dengan harapan agar hasil pekerjaan pihak kontraktor dapat maksimal sesuai kontrak kerja yang dibuat, ” tegas Kasilog.

Di tempat terpisah Dandenzibang-3/XIV Kendari Letkol Czi Surya menyampaikan bahwa luas tanah Kantor Kodim sebesar 12.000 M2 terletak di poros jalan yang berada di Desa Hukea Kecamatan Rarowatu Utara Kabupaten Bombana, wilayah Koramil 1413-06/Rumbia Kodim 1413/Buton, pembangunannya meliputi Rujab Dandim Type F-120, Rujab Kasdim Type G-90, Rumah Jaga, Kantor Kodim dan prasarana lainnya.

“Seharusnya Rujab Dandim dan Kasdim selesai akhir bulan ini, namun karena ada faktor teknis dan curah hujan yang tinggi sehingga akan ada pengajuan addendum penambahan waktu selama 60 hari, tetapi belum diputuskan pihak Kodam, ” jelas Dandenzibang.

“Kita juga akan meminta pengajuan addendum ke Kodam agar kantor dan prasarana yang akan berakhir bulan Oktober nanti bisa diperpanjang paling tidak sampai akhir Desember, ” tegasnya.

Rencana pembangunan ini menurut Dandenzibang, tahun depan akan dilanjutkan dengan pembangunan rumah-rumah dinas type 45 bagi perumahan anggota yang belum terealisasi pada tahun ini.

Pembangunan Kodim Bombana ini dilakukan oleh dua pengembang, yaitu PT. Restu Agung Perkasa untuk Kantor Kodim beserta prasarana lainnya dan CV.Nur Rahul Mandiri untuk Rujab Dandim dan Kasdim.

MC101-Dispenad