Hari Ke 2, Prajurit Marinir Antusias Menerima Materi Disaster Emergency Response Management

Hari Ke 2, Prajurit Marinir Antusias Menerima Materi Disaster Emergency Response Management

CAKRA101, Jakarta- Dari Bumi Marinir Kesatrian Hartono Cilandak, pelaksanaan hari ke 2 Penataran Kemampuan Potensi Maritim (Tarpuanpotmar) Tersebar Korps Marinir TNI AL Tahun Anggaran 2021, peserta Penataran dengan penuh semangat dan antusias menerima materi terkait pembinaan potensi maritim dari para Instruktur yang dilaksanakan di Gedung Gada Balai Pertemuan Cilandak Jakarta Selatan. Selasa (31/08/2021).

Kegiatan penataran di hari ke 2 ini, para peserta yang terdiri dari 14 personel Perwira, 46 personel Bintara menerima beberapa materi mulai dari Pengelolaan Pesisir dan Puter yang disampaikan oleh Paban V Spotmar Mabesal Letkol Laut (P) Tubagus Budi Wacyudi, Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar) oleh Paban Bintahwil dan Wiltas Spotmar Kormar Letkol Marinir Istepanus Ginting dilanjutkan pemberian materi Bakti TNI oleh Paban Komsos dan Bakti TNI Letkol Marinir Ahmad Sahuri.

Disela-sela pemberian materi Bakti TNI, disampaikan juga pengenalan organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) oleh Bapak Dwi Slamet Riyadi yang kesehariannya menjabat sebagai Presiden Program.

Dalam kegiatan tersebut ACT menyampaikan program aksi sosial pada saat pasca bencana alam serta saat ini dalam mengatasi pandemi Covid 19. ACT dalam melaksanakan aksi sosialnya selalu bekolaborasi dengan instansi terkait termasuk dengan TNI dan POLRI terutama dalam penanganan kemanusiaan.

Selain itu Aksi Cepat Tanggap juga menyampaikan materi Disaster Emergency Response Manajemen atau disingkat DERM.

“Disaster Emergency Response Manajemen (DERM) atau kita kenal juga dengan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna,” ucap Presiden Program Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bapak Dwi Slamet Riyadi saat mengawali paparannya di depan para peserta Tarpuanpotmar yang disambut antusias oleh Prajurit Petarung Korps Marinir TNI AL.

Kegiatan hari ke 2 diawali dengan Apel kelengkapan peserta, Apel jaring peserta virtual dilanjutkan dengan menerima beberapa materi, dimana dalam pelaksanaannya tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Sesuai penyampaian ketua pelaksana dalam hal ini Aspotmar Dankormar, dimana acara pembukaan Tarpuanpotmar Tersebar Korps Marinir TA 2021, dibuka langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman personil marinir yang ada di satuan terkait pelaksanaan Pembinaan Potensi Maritim sesuai tugas dan fungsinya sebagai Satnonkowil TNI AL dalam melaksanakan tugas Dawilhanla.

MC101-Dispen Kormar