Prajurit Kesehatan Rumkital Marinir Cilandak Laksanakan Latihan Fungsi Kesehatan

Prajurit Kesehatan Rumkital Marinir Cilandak Laksanakan Latihan Fungsi Kesehatan

CAKRA101, Jonggol- Sebagai salah satu fasilitas kesehatan (faskes) TNI AL, Rumah Sakit Marinir Cilandak (RSMC) menyelenggarakan Latfungkes (latihan fungsi kesehatan) yang diselenggarakan pada tiap triwulan.

Pada penyelenggaraan Latfungkes triwulan 3 kali ini, RSMC bersama dengan Dinas Kesehatan Korps Marinir melaksanakan latihan bersama. Latihan tersebut diselenggarakan untuk memelihara kemampuan pengetahuan dan skill prajurit kesehatan RSMC dan Diskes Kormar dalam penanganan masalah kesehatan korban tempur.

Latihan dilaksanakan pada tanggal 22 September 2021 dengan lokasi latihan bertempat di daerah latihan Gunung Batu, Jonggol yang dikenal memiliki kontur medan yang cukup menantang dan benar benar dapat menguji kemampuan fisik para prajurit kesehatan.

Kondisi ini disimulasikan sebagai suatu situasi dimana dalam keadaan lelah sekalipun harus dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai prajurit kesehatan dalam mendukung tugas pokok Korps Marinir baik dalam operasi militer perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).

Peserta latihan terdiri dari 40 orang prajurit kesehatan dari RSMC dan Diskes Kormar dengan dipimpin oleh Kasubbag Dukkes RSMC Mayor Laut (K) Ono Jono. Dalam latihan ini juga turut disaksikan oleh Kadiskes Kormar Kolonel Laut (K) dr. Sujoko Purnomo, SpB.

Sedangkan materi yang diberikan kepada pelaku latihan kali ini adalah masalah masalah kesehatan yang akan banyak di jumpai pada korban korban pertempuran, diantaranya Penanganan luka tembak,
penanganan luka terbuka rongga perut (usus terburai), Penanganan lapangan pada kasus patah tulang, dan
Evakuasi korban tempur pada dari tempat kejadian ke titik pengumpulan korban.

Adapun yang menjadi tantangan yang lebih bagi para pelaku latihan kali inu adalah pelaksanaan latihan tersebut harus di laksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang sebagaimana kita ketahui bersama pemakaian masker dapat memperberat aktivitas fisik yang dilakukan.

MC101-Unit PenRSMC