Satgas P4GN TNI AU Gelar Pemeriksaan Urine dan Sosialisasi Bahaya Narkoba di Lanud Rsn, Pekanbaru

Satgas P4GN TNI AU Gelar Pemeriksaan Urine dan Sosialisasi Bahaya Narkoba di Lanud Rsn, Pekanbaru

CAKRA101, Pekanbaru- Satuan tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika TNI Angkatan Udara (Satgas P4GN TNI AU) melaksanakan pemeriksaan urine dan sosialisasi bahaya narkoba di Gedung Edi Harjoko, Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn), Pekanbaru, Kamis (23/9/2021)

Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah personel Lanud Rsn ini, dipimpin oleh Kolonel Sus Zia Fahrizal selaku Ketua Tim Satuan Tugas (Katim Satgas).

Pada kesempatan tersebut, Katim Satgas membacakan sambutan tertulis Danpuspomau selaku Dansatgas P4GN TNI AU, Marsma TNI Danang Sulistyanto.

Disampaikannya, Satgas P4GN TNI AU bertugas melakukan tindakan pre-emtive dan preventif, serta represif terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkotika di lingkungan TNI AU. Penjabaran tugas tersebut, dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, diantaranya pencegahan, pemberantasan dan juga penyajian data, sehingga tercipta kondisi TNI AU yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkotika.

Pemeriksaan urine dipimpin langsung Kolonel Sus Agus Suprapto, S.H., M.Si., dengan hasil tidak ditemukan indikasi penyalaggunaan narkoba. Dansatgas P4GN TNI AU, menegaskan bahwa pemeriksaan urine merupakan salah satu bentuk “early warning” terhadap kemungkinan terjadinya penyalahgunaan narkotika.

Adapun pelaksanaan sosialisasi, disebutkan Dansatgas, bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang narkotika dan akibat yang ditimbulkannya, baik dari aspek hukum, kesehatan, maupun aspek pembinaan mental personel TNI AU.

Dansatgas P4GN TNI AU berharap, kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan personel TNI AU, tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak yang ditimbulkannya, sekaligus mengetahui tata cara membentengi diri dari bahaya penyalahgunaan narkotika tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Danlanud Rsn, Marsma TNI Andi Koestoro, S.E dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Kadisops, Kolonel Pnb Adhi Safrul Akbar, menegaskan komitmen seluruh satuan jajarannya, dalam memberantas narkotika, termasuk menindak tegas setiap personel yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika tersebut.

Pada sesi sosialisasi, tim satgas P4GN TNI AU menyampaikan sejumlah materi ceramah, terdiri dari Proses Penanganan Tindak Pidana Narkotika di Lingkungan TNI AU yang dipaparkan oleh Kolonel Pom Agung Satya Wibowo. Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dari Sisi Kesehatan oleh Letkol Kes Tri Cahyo Kukuh, S. Kep.

Selain itu, juga disampaikan Aspek Hukum Penyalahgunaan Narkotika yang dipaparkan oleh Letkol Sus Suharmoko, S.H., M.H., serta materi bidang Pencegahan Pembinaan Mental oleh Letkol Sus Ahmad Mediansyah, M.Ag,.

Seluruh rangkaian kegiatan Tim Satgas P4GN TNI AU di Lanud Rsn ini, diselenggarakan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19!secara ketat.

MC101-Dispenau