Kasau Tinjau Latihan Demo Udara Peringatan HUT Ke-76 TNI

Kasau Tinjau Latihan Demo Udara Peringatan HUT Ke-76 TNI

CAKRA101, Jakarta- Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. meninjau pelaksanaan latihan demo udara, dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Ke-76 Tentara Nasional Indonesia di Apron Baseops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (1/10/2021).

Latihan demo udara yang ditinjau Kasau dan sejumlah pejabat utama TNI AU ini, melibatkan 15 pesawat tempur TNI Angkatan Udara dan 7 pesawat helikopter Trimatra (TNI AU/AL/AD).

Saat latihan ini, 15 pesawat tempur melaksanakan tiga flight penerbangan. Penerbangan pertama dengan call sign Golden flight terdiri dari enam pesawat T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15, penerbangan kedua Dragon Flight terdiri dari 6 Pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron 3 dan Bajra Flight dengan 3 pesawat Sukhoi SU 27/30 dari Skadron Udara 11 dan Skadron Udara 14.

Ketiga penerbangan pesawat tempur kebanggaan bangsa Indonesia ini, melaksanakan terbang formasi dalam bentuk “Arrow Head” dan ditutup dengan demo udara “Bomb Burst” tepat di atas landasan pacu Lanud Halim Perdanakusuma.

Sementara 7 pesawat helikopter dengan call sign Trimatra Flight terbagi dalam dua elemen. Elemen pertama dengan 3 helikopter terdiri dari 1 Nas-332 Super Puma yang membawa bendera Merah-Putih dan 2 helikopter AH-46 E Apache. Sementara elemen kedua dengan 4 helikopter terdiri dari 1 helikopter EC-725 Caracal dengan membawa bendera Trimatra TNI dan 3 helikopter AS565 MBe Panther.

Direncanakan, latihan demo udara ini akan dilanjutkan pada dua hari kedepan, dengan route penerbangan melintas Istana Negara, tempat pelaksanaan Upacara HUT Ke-76 TNI tahun 2021.

Turut mendampingi Kasau saat peninjauan, para pejabat utama Mabesau, Pangkoopsau I, dan sejumlah komandan satuan jajaran TNI AU lainnya.

MC101-Dispenau