Dankormar: “Korps Marinir Lahir Dari Jiwa Dan Semangat Patriotisme Para Pemuda Indonesia”

Dankormar: “Korps Marinir Lahir Dari Jiwa Dan Semangat Patriotisme Para Pemuda Indonesia”

CAKRA101, Jakarta- “Perlu kalian ketahui bahwa Korps Marinir lahir dari jiwa dan semangat patriotisme dari para pemuda Indonesia yang ingin lepas dari kolonialisme, oleh karena itu Korps Marinir sudah eksis semenjak era perang kemerdekaan,” papar orang nomor satu di jajaran Korps Marinir, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono kepada para calon Wisudawan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan 51 dan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL Tahun Anggaran 2021 saat memberi pembekalan yang dilaksanakan secara virtual melalui sambungan video conference, Rabu (06/10/2021).

Dalam pembekalan yang berlangsung secara virtual ini, Komandan Korps Marinir menyampaikan dari Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No 40 Kwitang Jakarta Pusat, sedangkan calon Wisudawan Diktukpa Angkatan 51 berada di Gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Pusatopsla) Kodiklatal Bumimoro Surabaya dan Wisudawan Diktukpakat berada di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir TNI AL Grati Pasuruan.

Dalam pembekalannya Jenderal Bintang Dua tersebut menjelaskan kepada para calon Wisudawan bahwa telah banyak catatan torehan prestasi dan keberhasilan Korps Marinir dalam melaksanakan tugas dari semenjak era KKO AL hingga saat ini. Dalam melaksanakan tugasnya, Korps Marinir tidak hanya sekedar mengejar keberhasilan, namun juga selalu meninggalkan kesan yang baik, sehingga membuat semakin disegani dan cintai oleh rakyat.

Berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 66 Tahun 2019, Dankormar menjelaskan tentang Susunan Organisasi TNI, Korps Marinir yang mempunyai tugas menyelenggarakan operasi amphibi, operasi pertahanan pantai dan pengamanan pulau terluar strategis dalam rangka operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP) serta operasi lainnya sesuai kebijakan Panglima TNI yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI.

“Korps Marinir disamping sebagai Kotama Operasional, juga sebagai Kotama Pembinaan yang bertugas membina kekuatan dan kesiapan operasi satuan Marinir serta membina potensi Maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan matra laut yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Staf Angkatan Laut”, tegas alumni Akademi Angkatan Laut Angkatan 34 tahun 1988 ini.

Selain itu, putra kelahiran Batang Jawa Tengah tersebut membekali calon wisudawan dengan kemampuan operasi, kemampuan Ekspedisioner dan Multirole, Coastal Defense, kemampuan gelar permanen, kemampuan gelar kesiapan operasi, kekuatan personel, kekuatan material, pembinaan, karakter kepemimpinan dan pola pembinaan karier perwira Korps Marinir TNI AL.

Sebelum mengakhiri pembekalannya, Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono menyampaikan beberapa hal sebagai bekal bagi para calon Wisudawan sebelum dilantik menjadi Perwira berpangkat Letnan Dua dan berdinas di satuan.

Hadir mendampingi Komandan Korps Marinir, Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Brigjen TNI (Mar) Lasmono, Koorsahli Dankormar Kolonel Marinir Edy Setiawan, M.M., para Asisten Dankormar dan Kadisminpers Kormar.

MC101-Dispen Kormar