Satgas P4GN TNI AU Terapkan Berbagai Upaya Strategis Memberantas Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika

Satgas P4GN TNI AU Terapkan Berbagai Upaya Strategis Memberantas Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika

CAKRA101,Surabaya- Satuan Tugas Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika TNI Angkatan Udara (Satgas P4GN TNI AU) menerapkan berbagai upaya strategis dalam memberantas dan mencegah terjadinya penyalahgunaan dan peredaran narkotika, khususnya di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Hal ini disampaikan Dansatgas P4GN TNI AU, Marsma TNI Danang Sulistyanto dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kolonel Sus Agus Suprapto, S.H., M.Si selaku Ketua Tim Satgas, saat melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba, sekaligus peneriksaan urine yang berlangsung di Lanud Muljono Surabaya, Kamis (7/10/2021).

Upaya strategis yang dimaksud tersebut, jelas Dansatgas, dilakukan melalui tindakan pre-emtive dan pre-ventif serta, represif terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkotika di lingkungan TNI AU.

“Perlu adanya upaya pencegahan, pemberantasan dan penyajian data dengan sasaran terciptanya kondisi TNI AU yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkotika. Apa yang kita laksanakan ini sebagai upaya strategis dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba,” ungkap Marsma Danang.

Adapun pelaksanaan pemeriksaan urine yang dilakukan tim satgas kepada personel TNI AU, dijelaskannya sebagai salah satu bentuk upaya strategis lainnya, yaitu “early warning” terhadap kemungkinan penyalahgunaan narkotika.

Sementara Danlanud Muljono, Kolonel Pnb Moh. Apon, S.T., MPP yang turut menghadiri kegiatan ini, menyampaikan komitmen seluruh satuan jajarannya dalam memberantas dan mencegah peredaran narkoba, termasuk menindak tegas setiap personel yang terbukti melanggar.

Pada kesempatan tersebut, tim satgas P4GN TNI AU juga melaksanakan sosialisasi dengan memaparkan berbagai materi, diantaranya Proses Penanganan Tindak Pidana Narkotika di Lingkungan TNI AU yang dipaparkan oleh Letkol Pom Karyanto, S.H., M.I.Pol, Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dari Sisi Kesehatan oleh Letkol Kes Tri Cahyo Kukuh, S. Kep.

Materi lainnya adalah Aspek Hukum Penyalahgunaan Narkotika oleh Letkol Sus Suharmoko, S.H., M.H., dan Bidang Pencegahan Pembinaan Mental yang dijelaskan oleh Letkol Sus Ahmad Mediansyah, M.Ag.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh segenap personel Lanud Muljono, Pusdiklathanudnas, Satrad 222 Ploso dan Gusang Surabaya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

MC101-Dispenau