Beri Orasi Ilmiah di UIN Ar-Raniry, Ini Yang Disampaikan Irdam IM

Beri Orasi Ilmiah di UIN Ar-Raniry, Ini Yang Disampaikan Irdam IM

CAKRA101, Banda Aceh- Inspektur Kodam Iskandar Muda (Irdam IM), Brigjen TNI Niko Fahrizal, M. Tr (Han) memberikan orasi ilmiah kepada para wisudawan dan wisudawati saat Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Doktor, Magister Sarjana dan Milad ke-58 Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021, di Aula Universitas Abulyatama, Blang Bintang, Aceh Besar. Rabu (27/10/2021).

Pada Semester ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh mewisuda sebanyak 1882 orang lulusan yang dilakukan secara daring dan luring.

Dalam Orasi Ilmiahnya, Brigjen TNI Niko Fahrizal mengangkat tema “Jadilah manusia yang berilmu, bertakwa, unggul dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa”.

Menurut Irdam, persiapan dalam menghadapi kehidupan sesudah lulus kuliah harus sudah dilakukan, bahkan saat masih berada di bangku kuliah.

“ Banyak hal yang bisa dilakukan setelah lulus kuliah, yaitu mendaftar menjadi PNS, berwira usaha, menjadi karyawan, lanjut kuliah, pulang kampung membangun kampung, menjadi Blogger dan Youtuber, membuka lembaga kursus dan lain-lain,” pesan Irdam kepada wisudawan dan wisudawati.

Brigjen TNI Niko Fahrizal juga berpesan agar menjadi manusia yang berilmu, bertakwa unggul dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

“Wisuda merupakan salah satu momen bersejarah dalam hidup saudara. Ketika sudah wisuda, bukan berarti perjuangan saudara akan berhenti. Inilah awal untuk menggapai masa depan yang saudara inginkan. Di dunia nyata, saudara akan belajar ilmu yang mungkin sama sekali akan berbeda dari yang selama ini didapatkan. Kejar dan usahakanlah impian saudara itu. Jangan takut melangkah dan tetap percaya diri,” pesan Irdam.

Lanjut Irdam, agar wisudawan dan wisudawati untuk tidak sesekali mengandalkan dengan hasil orang lain dan selalu yakin dengan kemampuan diri sendiri dan selalu memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sehingga diberikan jalan terbaik.

“Saudara adalah generasi-generasi penerus bangsa. Semoga dengan diwisudanya mahasiswa-mahasiswi semua dapat memberi dampak baik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pesan Irdam IM.

Untuk diketahui, selama prosesi kegiatan ini berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

MC101-Dispenad