Kadispenau Terima Buku “Pedet Soedarman, Pengalaman Heroik Penerbang Bomber”

Kadispenau Terima Buku “Pedet Soedarman, Pengalaman Heroik Penerbang Bomber”

CAKRA101, Jakarta- Bertempat di ruang rapat Dispenau, perwakilan keluarga dari Marsda TNI (Purn) Soedarman (Almarhum) menyerahkan buku “Pedet Soedarman, Pengalaman Heroik Penerbang Bomber” yang diterima oleh Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos, Jumat (5/11/2021).

Perwakilan keluarga ini, merupakan anak ke-5 dan ke-7 dari Pangkodau IV tahun 1975 tersebut, yakni Ibu Sri Kurniangsih dan Ibu Sri Gema Karyanti. Saat kunjungan ini, keduanya didampingi oleh Marsda TNI (Purn) Dento Priyono beserta istri.

Buku yang diserahkan oleh Ibu Sri Gema Karyanti tersebut, menceritakan berbagai pengalaman heroik Pedet Soedarman dalam melaksanakan berbagai misi operasi militer, baik saat berperang melawan penjajah Belanda, maupun waktu operasi penumpasan pemberontakan yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

“Selain turut berperang melawan Belanda, bapak juga mendapat tugas menyerang pemberontakan DI/TII dan juga PRRI 1958-1961, termasuk penumpasan PRRI di Sumatera Barat, saat itu pesawat bomber yang dipiloti bapak, tertembak hingga banyak lobang,” ulas Ibu Yanti saat menuturkan bagian dari isi buku yang diserahkannya tersebut.

Diceritakannya juga, pengalaman heroik Pedet Soedarman saat berhasil menghancurkan landasan Aurev tahun 1958 menggunakan Mitchel B-52, namun pada saat itu pesawat yang diawakinya tertembak dari mesin sampai roda dan tembus badan pesawat, serta kokpit pesawatnya juga pecah.

Ibu yanti juga menyampaikan ungkapan Pedet Soedarman yang menunjukkannya, sebagai seorang patriot AURI yang begitu heroik, dan tidak mengenal takut saat melaksanakan tugas selama mengabdi di TNI Angkatan Udara.

“Mati itu tidak mudah kalau Tuhan belum mengizinkan. Maka saya tidak pernah merasa ragu dan takut, bila dipercaya melaksanakan tugas operasi militer,” demikian ungkapan Pedet Soedarman yang dikutip oleh Ibu Sri Gema Karyanti.

Saat menerima buku tersebut, Kadispenau menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya, atas penulisan buku yang sangat bermanfaat bagi generasi penerus TNI Angkatan Udara tersebut.

“Penulisan buku yang menceritakan tentang rangkaian pengalaman heroik senior TNI AU ini, tentunya sangat bermanfaat, khususnya bagi generasi penerus TNI AU dalam meneladani semangat juang para senior, terutama saat melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara,” ujar Marsma Indan.

Pada kesempatan tersebut, Kadispenau menyerahkan cinderamata dari Kepala Staf Angkatan Udara, Masekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P untuk keluarga Marsda TNI (Purn) Soedarman yang diterima langsung oleh Ibu Sri Gema Karyanti.

“Sampaikan salam hormat saya kepada keluarga Marsda TNI (Purn) Soedarman,” tutur Kadispenau meneruskan pesan Kasau buat keluarga Marsda TNI (Purn) Soedarman

Marsma Indan juga menyerahkan sejumlah buku sejarah produksi Dispenau, yang di dalamnya juga terdapat berbagai pengalaman Pedet Soedarman sebagai seorang Bomber AURI yang sarat pengalaman. Selain itu, Kadispenau juga menyerahkan kenang-kenangan dan foto Pedet Soedarman saat berada di pesawat B-52 Mitchel.

Turut mendampingi Kadispenau pada kegiatan ini, Sesdispenau, Kolonel Sus Firmansyah, Kasubdisjarah, Kasubdisdokprod dan sejumlah pejabat Dispenau lainnya.

MC101-Dispenau