Dankormar Resmikan Masjid Al Aziz Puslatpurmar – 5 Baluran dan Santuni Anak Yatim

Dankormar Resmikan Masjid Al Aziz Puslatpurmar - 5 Baluran dan Santuni Anak Yatim

CAKRA101, Situbondo- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono meresmikan Masjid Al Aziz Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir (Puslatpurmar) -5 Baluran, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur Minggu (07/11/2021).

Pembangunan Masjid ini telah dimulai sejak sekitar 6 bulan yang lalu diawali dengan peletakan batu pertama oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono dan dalam proses pembangunannya Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menanam pohon jenis Tabebuya atau Handroanthus chrysotrichus pada sekitar bulan Agustus lalu.

Masjid Al Aziz dibangun di atas lahan seluas 8500 meter persegi dengan luas bangunan 864 meter persegi dan mampu menampung sekitar 500 jamaah dan memiliki halaman yang luas tertata rapih dan asri dengan berbagai jenis tanaman, area jogging trek mengelilingi area Masjid dengan hamparan rumput yang hijau terdapat 2 kolam di depan pintu utama, dilengkapi kantin dan tempat duduk dari balok kayu yang cukup representatif.

Dengan dibangunnya Masjid Al Aziz ini diharapkan dapat menampung seluruh siswa, prajurit yang berlatih. Daerah latihan pertempuran Baluran ini tidak hanya digunakan sebagai ajang latihan dari satuan Korps Marinir saja, tetapi juga dari Lembaga Pendidikan TNI AL (Kodiklatal, Kodikmar), satuan TNI AD satuan organik maupun Lembaga Pendidikan (Dodiklatpur, Rindam) TNI AU, Latihan Gabungan TNI bahkan Latihan Bersama (Latma) dengan Prajurit Manca negara silih berganti berlatih di daerah ini.

Selain itu masyarakat di sekitar Puslatpurmar -5 Baluran dapat menggunakan masjid ini sebagai mmajelis taklim yang dapat digunakan dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan.

“Meningkatnya kualitas keimanan dan ketaqwaan prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut otomatis meningkat pula kinerja dan produktivitas prajurit dalam pengabdian kepada bangsa dan negara juga bisa dimanfaatkan bagi penduduk sekitar”, harap Dankormar.

“Pemberian nama Masjid Al Aziz artinya yang Maha Perkasa tidak bisa dikalahkan oleh sesuatupun bermakna agar prajurit yang berlatih dan ditempa disini bermental baja, pantang mundur serta selalu siap menanti panggilan Ibu Pertiwi”, jelasnya.

Ditemui disela-sela kegiatan Danpuslatpurmar 5 Baluran Letkol Marinir Agus Wahyudi sebagai penanggung jawab pelaksanaan pembangunan Masjid Al Aziz menjelaskan, ”Bersamaan dengan proses pembangunan sekaligus dilakukan penataan lingkungan masjid dikemas sedemikian rupa mulai dari ornamen pot dari batu, paving, kolam air mancur sampai penanaman pohon dari berbagai jenis diantaranya Tabebuya, Pucuk Merah Ketapang Kencana, Bunga Bugenvile, Bunga Teratai, Palem Kuning diatur sedemikian rupa menambah eksotis dan asri lingkungan masjid membuat nyaman melepas penat dan lelah para prajurit yang sedang berlatih. Eksotisme lingkungan masjid yang asri ini atas arahan dari Komandan Kolatmar Kolonel Marinir I Made Sukada”, tambahnya.

“Semua rasa jerih payah tenaga dan pikiran setelah melihat berdiri megah, semoga menjadi amal yang baik bagi kita tidak lepas peran dan dukungan seluruh anggota Puslatpurmar Baluran dalam pelaksanaannya”, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut , Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoirani, SPd, M.M., Kasdim 0823 Mayor Inf Sampak, S.Ag., Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori M.Tr. (Hanla)., Kapolsek AKP Heru Purwanto, Danramil Letda Inf Suyitno, Kades Sumber Waru Imam Ansori, GM PG Asem Bagus Agus Priambodo serta Tokoh Masyarakat.

Pada kunjungan ini, Dankormar menyerahkan bantuan tali asih kepada anak yatim sekitar Puslatpurmar-5, sebagai wujud kepedulian TNI AL kepada masyarakat sekitar tempat latihan.

MC101-Dispen Kormar