Jalasenastri Korps Marinir Ikuti Angklung Mendunia Pecahkan Rekor MURI

Jalasenastri Korps Marinir Ikuti Angklung Mendunia Pecahkan Rekor MURI

CAKRA101, Jakarta- Dalam rangka memperingati Hari Angklung Sedunia Tahun 2021 Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono yang diwakili Wakil Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Nana Endi Supardi didampingi Pengurus Gabungan Jalasenastri Korps Marinir beserta para Pengurus Inti Cabang di bawah PG Kormar mengikuti acara Angklung Mendunia secara virtual, di Gedung Gada, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Senin (8/11/2021).

Acara Angklung Mendunia ini di gagas oleh Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, selaku Ketua Dharma Pertiwi yang dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan tema “Giatkan, Lestarikan dan Generasikan Angklung”. untuk memperingati Hari Angklung 2021 yang diperingati setiap 16 November.

“Sejak tanggal 16 November 2010, UNESCO telah mengakui angklung sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia. Namun tidak banyak yang tahu setiap 16 November diperingati sebagai Hari Angklung Sedunia,” ujar Ibu Negara Iriana Joko Widodo secara virtual.

Indonesia adalah negara yang memiliki beribu-ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Marauke. Dengan banyaknya pulau-pulau tersebut. Indonesia memiliki banyak budaya, kerajinan dan lain-lain. Misalnya pakaian adat, tarian tradisional, alat musik tradisional, dan masih banyak lagi. Berikut salah satu warisan indonesia berupa alat musik tradisional yang sudah mendunia yaitu Angklung

“Keistimewaan angklung tidak hanya alunan suara merdunya, tapi karena kekhasan dan keunikan yang menjadikan sebagai identitas penting karya dan budaya Indonesia,” katanya.

Selain itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengaku gembira pada hari ini sejumlah pihak kembali memainkan Angklung dan menyebarkan suara indahnya secara serentak di 5 benua, PPI 60 negara dan 131 perwakilan di luar negeri (94 KBRI, 3 PTRI, 30 KJRI dan 4 KRI).

“Semoga keindahan alunan angklung membuat Indonesia semakin di kenal di seluruh dunia, semoga kebudayaan Indonesia semakin lestari, berkembang dan semakin maju.” pungkas Ibu Iriana Joko Widodo.

MC101-Dispen Kormar