Kasal Didampingi Dankormar Peletakan Batu Pertama SPBT TNI Terpadu Alternatif 1 Jakarta

Kasal Didampingi Dankormar Peletakan Batu Pertama SPBT TNI Terpadu Alternatif 1 Jakarta

CAKRA101, Jakarta- Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Mar Suhartono, menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pada pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar TNI (SPBT) Terpadu Alternatif 1 Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bertempat di Komplek TNI Angkatan Laut Kodamar, Jln. Tabah Raya No. 2, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (09/11/2021).

SPBT merupakan fisualisasi dari rencana pembanguanan kekuatan TNI Angkatan Laut yang pada hakekatnya merupakan upaya untuk mewujudkan TNI Angakatan Laut yang profesional, modern dan tangguh dalam rangka menjawab segala tantangan untuk menjaga kedaulatan Negara serta menjamin terciptanya keamanan maritim.

“Angkatan Laut harus memiliki kemampuan dan kesiapan tempur yang mumpuni dengan didukung oleh sarana dan prasarana penunjang, salah satunya adalah ketersediaan logistik cair berupa bahan bakar, minyak pelumas serta infrastrukturnya karena itu merupakan kebutuhan dan tuntutan pokok sebagai indikator dalam menyiapkan kekuatan Alutsista maupun personel baik di Pangkalan maupun di medan operasi, sebagai pimpinan TNI Angkatan Laut tentunya saya sangat berharap bahwa pembangunan stasiun pengisian bahan bakar terpadu ini bisa semakin efektif dan transparansi dalam pengelolaan, agar kita sebagai prajurit matra laut harus mampu mengulangi sejarah kejayaan maritim Angkatan Laut,” tegas Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., pada sambutannya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perbekalan Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI Eko Purwanto, dalam laporan kesiapan pembangunan SPBT Terpadu I menyampaikan bahwa pembangunan SPBT tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan Bahan Bakar Minyak dan Pelumas yang efektif di lingkungan TNI Angkatan Laut serta mewujudkan tata kelola BMP yang transparan dan akuntabel di lingkungan TNI Angkatan Laut.

SPBT Terpadu I TNI AL yang akan dibangun di atas lahan seluas 3.380 meter persegi ini nantinya akan menggabungkan seluruh SPBT di Komplek TNI AL Sunter menjadi satu titik dengan dilengkapi fasilitas grade A atau setara dengan SPBU rest area jalan tol, pembangunannya direncanakan akan rampung dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Kasal menegaskan, “Mari kita wujudkan Angkatan Laut yang kuat dengan berupaya membangun kekuatan di wilayah pangkalan karena memang betul logistik tidak maju bertempur akan tetapi pertempuran tanpa dukungan logistik tidak mungkin bisa dimenangkan,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat Mabesal, para Pangkotama Wilayah Jakarta, Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Bapak Riva Siahaan, Direktur Pemasaran dan Operasi Bapak Dodi Hasbi Rosyadi dan Direktur Pemasaran PT Pertamina Transkontinental Bapak Arsono Kuswardanu.

MC101-Dispen Kormar