Peringatan Hari Pahlawan, Kadispenau Kunjungi Putra Pahlawan Nasional Marsda TNI Anumerta Halim Perdanakusuma

Peringatan Hari Pahlawan, Kadispenau Kunjungi Putra Pahlawan Nasional Marsda TNI Anumerta Halim Perdanakusuma

CAKRA101, Jakarta- Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos., bersilaturahmi ke rumah Marsdya TNI Purn Ian Santoso anak dari Pahlawan Nasional Marsda TNI Anumerta Halim Perdanakusuma di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (11/11/2021).

Pada kesempatan tersebut, Kadispenau menyampaikan bahwa silaturahmi ini memang harus selalu dibangun, apalagi sosok Halim Perdanakusuma adalah tokoh TNI AU yang berjasa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pemuda pemuda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa perlu mengenal sosok pahlawannya yang telah berjasa sehingga kita bisa seperti saat ini. Apa yang telah dilakukan para pejuang tersebut diharapkan dapat menginspirasi anak-anak muda untuk berkontribusi untuk bangsa dan Negara. Kadispenau juga menyampaikan kepada Marsdya TNI Purn Ian Santoso bahwa TNI AU telah bekerjasama dengan Temata Studios untuk pembuatan film yang berjudul “Kadet 1947”, dimana Marsda TNI Anumerta Halim Perdanakusuma menjadi salah satu tokoh dalam film Kadet 1947.

Menanggapi Kadispenau, Marsdya TNI Purn Ian Santoso menyampaikan sangat mengapresiasi pembuatan film Kadet 1947 yang dilakukan oleh TNI AU dan Temata Studio. “ Saya setuju, bangga dan berterimakasih, tokoh ayah saya Halim Perdanakusuma diceritakan di dalam film Kadet 1947. Banyak masyarakat yang mungkin kurang mengenal sosok Halim Perdanakusuma. Ada juga yang perlu diketahui bahwa, ketika Perang Dunia II berakhir, ayah saya Halim Perdanakusuma masih berada di Inggris karena saat itu ia menjadi bagian dari Angkatan Udara Inggris. Dia ingin segera kembali ke Indonesia untuk membantu berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia, ujarnya. Harapannya dengan adanya film ini, para anak-anak semakin memahami perjuangan para pejuangnya.

Producer Temata Studios Celerina Judisari yang juga ikut bersilaturahmi menyatakan film ini mengandung pesan kepada anak-anak muda saat ini, bahwa dulu di tahun 1947, anak-anak muda di usia mereka, yaitu sekitar 19 sampai 22 tahun telah memiliki semangat, tekad yang kuat untuk berbuat yang terbaik kepada bangsa dan negara. Negara ini seperti saat ini bukan begitu saja, tetapi ada mereka yang telah berjuang. Ini yang perlu diketahui anak-anak muda sekarang.

Marsda TNI Anumerta Halim Perdanakusuma adalah tokoh yang merancang serangan udara ke Markas Belanda pada tanggal 29 Juli 1947, dimana serangan tersebut dilakukan oleh Kadet Udara Muljono, Kadet Udara Suharnoko Harbani dan Kadet Udara Sutardjo Sigit yang belum menyelesaikan sekolah penerbangnya. Para Kadet ini didampingi tiga air gunner yaitu Kaput, Sutardjo dan Dulrachman. Serangan udara tersebut berhasil dilaksanakan para Kadet. Peristiwa bersejarah ini akan diceritakan dalam Film Kadet 1947 yang akan launching pada tanggal 25 November 2021 mendatang.

Diakhir kunjungannya Kadispen memberikan cenderamata dari Kasau berupa buku Plan Bobcat dan Indonesia Air Force In Picture serta buku-buku yang diterbitkan oleh Dispenau. Sedangkan Producers Temata Studios memberikan Jaket Kadet 1947. Kasubdisjarah Dispenau Kolonel Sus Maylina Saragih dan tim juga ikut pada silaturahmi tersebut.

MC101-Dispenau