Wakasad Saksikan Latihan Puncak Antar Kecabangan TNI AD 2021

Wakasad Saksikan Latihan Puncak Antar Kecabangan TNI AD 2021

CAKRA101, Martapura Oku Timur- Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Bakti Agus Fadjari menyaksikan Latihan puncak Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD Kartika Yudha tingkat Brigade di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat Angkatan Darat, Martapura Oku Timur Sumatera Selatan, Kamis (18/11/2021).

Letjen TNI Bakti Agus Fadjari di hadapan awak media mengatakan, bahwa Angkatan Darat merespons perkembangan teknologi militer yang berkembang pesat saat ini. Seperti pada Latihan Antar Kecabangan tahun ini sebagian perlengkapan militernya sudah menggunakan teknologi terbaru.

“Seperti kita lihat tadi penerjunan payung barang untuk bekal ulang prajurit sudah menggunakan GPS, sehingga secara otomatis bisa mencari sasaran sendiri dengan tepat sesuai koordinat yang sudah kita tentukan,” ungkap Wakasad.

Lebih lanjut Letjen TNI Bakti Agus Fadjari mengatakan, selain penerjunan logistik bekal ulang dengan GPS, teknologi baru lain yang digunakan pada latihan tahun ini yaitu _M3 Amphibious Pontoon_ jembatan _mobile_ untuk membantu pergerakan pasukan dan kendaraan tempur saat akan melintasi sungai dalam kondisi darurat.

Latihan yang dilaksanakan sekitar 14 hari tersebut diikuti oleh lebih dari 4.200 prajurit pelaku dan pendukung dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknik, taktik dalam manuver pada operasi serangan tingkat Brigade yang diperkuat dengan unsur-unsur Bantuan Tempur dan Bantuan Administrasi. Selain itu latihan ini juga bertujuan untuk mengukur sejauh mana efektivitas pembinaan latihan yang sudah dilaksanakan di satuan.

Usai menyaksikan latihan Wakasad berkesempatan makan siang bersama prajurit dilanjutkan memberikan pengarahan kepada Pelaku dan pendukung latihan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Mantan Wakasad Letjen TNI Purn Suryo Prabowo, Irjenad Letjen TNI Beny Susianto, Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, Danpuspomad, Asops Kasad, Aslat Kasad, para Danpussen, Pangdam I/BB, Pangdam II/Sriwijaya, Pangdiv 1/Kostrad dan para Kabalakpus jajaran TNI AD.

MC101-Dispenad