Yel Yel dan Jajar Kehormatan Prajurit Korps Marinir Sambut Kedatangan Panglima TNI

Yel Yel dan Jajar Kehormatan Prajurit Korps Marinir Sambut Kedatangan Panglima TNI

CAKRA101, Jakarta- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, memerintahkan Prajurit Korps Marinir menyambut kedatangan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang menyambangi Markas Besar Angkatan laut (Mabesal), Senin (22/11/2021).

Kedatangannya disambut langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., beserta prajurit petarung Korps Marinir dengan sambutan yang hangat.

Kedatangan Jenderal Andika yang tiba di Mabesal pada pukul 08.50 WIB disambut valreef dan jajar kehormatan Prajurit TNI AL.

Selanjutnya Panglima TNI langsung menghampiri para wartawan yang sudah stand by untuk meliput kunjungan pertama kali di Mabesal sejak menjadi Panglima TNI.

Ketika salah satu rekan media menanyakan tentang perubahan pangkat Komandan Korps Marinir menjadi bintang 3, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan masih menunggu keputusan Presiden Joko Widodo mengenai validasi organisasi yang menyangkut Komandan Korps Marinir TNI AL akan dijabat perwira tinggi bintang 3 berpangkat Letnan Jenderal.

Validasi organisasi tidak hanya di AL, tetapi juga akan dilakukan secara bersama dengan matra udara dan darat. “Perpres Nomor 66 lalu kan itu tahun 2019 akhir kalau tidak salah, itu sudah dibuat Presiden. Sekarang kita akan lakukan secara serempak seluruh angkatan untuk supaya jangan bolak-balik, Jadi mana yang perlu dinaikkan sesuai dengan tanggung jawabnya yang memang lebih besar,” tegas Panglima TNI.

Seusai foto bersama Panglima TNI dan Kasal menaiki golf car bersama menuju ke ruang pertemuan untuk memberikan arahan kepada prajurit TNI AL.

Sepanjang perjalanan menuju ke gedung pertemuan, prajurit Korps Marinir TNI AL menyambut dengan semangat kepada pemimpin TNI ini dengan terus menerus meneriakkan yel-yel dengan penuh semangat.

Semangat yel-yel ini menunjukkan wujud ekspresi loyalitas penuh prajurit TNI AL kepada pemimpin TNI dan siap mendukung program-program yang dijalankan. Loyalitas prajurit TNI AL ini terpatri didalam jiwa sesuai dasar pedoman Trisila TNI AL yakni Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer, selain dasar lainnya Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI

Lebih lanjut Kasal menyampaikan laporan kepada Panglima TNI tentang tugas TNI AL sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia pada Pasal 9 yakni melaksanakan tugas Matra Laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah laut Yurisdiksi Nasional sesuai hukum nasional dan internasional, melaksanakan diplomasi Angkatan Laut untuk mendukung kebijakan politik luar negeri, serta melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan Matra Laut maupun pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Seusai laporan Kasal dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab Panglima TNI dengan jajaran TNI AL mengenai isu-isu terkini yang sempat mengemuka dan menjadi pembahasan di beberapa media serta menjadi konsumsi publik serta memberikan pengarahan kepada seluruh jajaran TNI AL baik secara tatap langsung maupun video conference.

Turut hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut para pejabat utama mabes TNI, pejabat utama Mabesal.

MC101-Dispen Kormar