Panglima TNI Dalam HUT TNI AU ke-77, “TNI AU Sebagai Garda Terdepan Dalam Menghadapi Berbagi Krisis yang Mengancam Kedaulatan Bangsa”

Cakra101, Jakarta.- TNI Angkatan Udara, merayakan hari ulang tahun (HUT) yang ke-77 di taxyway echo, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4/2023), dengan tema, “TNI AU adalah Profesional, Tangguh, dan Modern sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan”. Perayaan HUT ini dilaksanakan secara konsisten pada tanggal 9 April setiap tahunnya, sejak tahun 1946. Dalam perayaan ini, TNI AU menggelar upacara beserta menampilkan parade dan defile dari ribuan prajurit dan PNS TNI AU yang juga dimeriahkan dengan atraksi drumband Taruna AAU, demo udara dan demo darat serta kolaborasi keduanya. Terkait dengan upacara yang diselenggarakan, Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono mengambil peran sebagai inspektur upacara/pemimpin upacara.

Foto: Dok MC101

“Saya menyampaikan selamat HUT ke-77 kepada segenap TNI AU dimanapun sedang bertugas. Selama 77 tahun TNI AU selalu hadir dalam setiap panggilan tugas ibu pertiwi, baik operasi militer perang maupun operasi militer selain perang. Kiprah para prajurit telah terukir dengan bintang emas dalam menegakkan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) TNI AU atas dedikasi, profesionalisme, dan loyalitas yang telah ditunjukkan,” pungkasnya dalam amanat upacara yang ia sampaikan.

Foto: Dok MC101

Selain itu, Panglima TNI menghimbau bahwa dalam menghadapi situasi dunia yang penuh ketidakpastian, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari TNI, TNI AU harus selalu adaptif dan siap dengan berbagai kemungkinan skenario. TNI AU wajib menjadi garda terdepan dalam menghadapi berbagi krisis yang mengancam bangsa. Kemudian, di bagian lain dalam amanatnya, ia juga menyampaikan sebuah kutipan dari Presiden RI yang pertama, Ir. Soekarno, “Kuasai udara untuk melaksanakan kehendak nasional, karena kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern”.

 

“Kepakkanlah sayapmu dengan terbang lebih tinggi untuk menjaga wilayah langit dirgantara. Dirgahayu TNI Angkatan Udara Republik Indonesia, Swa Bhuwana Paksa Sayap Tanah Air Indonesia,” lanjutnya.

Foto: Dok MC101

Setelah upacara, acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan parade dan atraksi lainnya. Dalam demo udara, sejumlah 82 pesawat TNI AU berbagai jenis melakukan sejumlah manuver terbang dan simulasi pertempuran udara. Sedangkan demo darat menampilkan berbagai simulasi pertempuran darat oleh prajurit Kopasgat TNI AU, diantaranya penerjunan Free Fall prajurit Kopasgat, Pengendalian Pertempuran (Dalpur), Pembebasan Sandra (Basra), Tindakan Keamanan (Tinkam), Tembak Depan, dan Combat SAR. Selain ut, Demo Darat juga menampilkan berbagai arsenal persenjataan Pasgat dan sejumlah kendaraan khusus dan kendaraan taktis yang dimiliki.

Foto: Dok MC101

Upacara peringatan HUT TNI AU dibuka untuk umum, sebagai bentuk representasi pertanggungjawaban kinerja TNI AU terhadap pihak publik. Terpantau ribuan masyarakat ikut menghadiri dan memadati area upacara dari awal acara hingga akhir.

Foto: Dok MC101

Hadir dalam acara, diantaranya: Presiden RI ke-5 Megawati Sukarno Putri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menkopolhukam Machfud MD, Menhan Letjen TNI (Pur) Prabowo Subianto, Menteri ATR/Ka BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Mensesneg, Kapolri, para Kastaf Angkatan, para Mantan Kasau dari masa ke masa, serta Athan negara sahabat.

MC101 – W012/Dan

daniel

daniel

This will close in 20 seconds