Kolaborasi TNI AU-BRIN: Teknologi Modifikasi Cuaca Sukseskan Pembukaan FIFA World Cup U-17

Cakra101, Malang.- Kolaborasi TNI AU dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) turut berperan menyukseskan acara pembukaan FIFA World Cup U-17 yang dihadiri Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023).

TNI AU dan BRIN sukses mengendalikan cuaca di Stadion Gelora Bung Tomo dan sekitarnya melalui pelaksanaan TMC dengan melibatkan satu pesawat Casa-212 TNI AU, Tail number A-2107 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Foto: Dok Dispenau

Pesawat Casa-212 TNI AU yang diterbangkan oleh Kapten Pnb Baskoro, Lettu Pnb Yusuf, dan Letda Pnb Tsalis melaksanakan TMC selama dua hari di wilayah Jawa Timur mulai tanggal 9 hingga 10 November 2023.

Komandan Satgas TMC, Kolonel Pnb Andi Nur Abadi, S.T., M.M., mengatakan, pelaksanaan TMC bertujuan untuk memperlancar jalannya acara pembukaan FIFA World Cup U-17.

Dikatakannya, TMC dilaksanakan berdasarkan pengamatan cuaca dan pertumbuhan awan yang berpotensi terjadinya hujan. Melalui TMC, awan-awan yang berpotensi menghasilkan hujan dan diperkirakan mengarah ke lokasi acara pembukaan FIFA Word Cup U-17, disemai menggunakan NACl sebelum mencapai lokasi.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel