Ekspedisi Sungai Pomats, Marinir Jangkau Suku Pedalaman di Kabupaten Asmat

CAKRA101, Agats Papua- Dengan kondisi alam yang sangat menantang serta penuh rintangan dan masih adanya kelompok separatis bersenjata di wilayah Papua, tidak menyurutkan niat positif Prajurit Satgas Korps Marinir di bawah pimpinan Komandan Satgas Muara dan Perairan Korps Marinir, Letkol Marinir Tri Yudha Ismanto, S.E., MSDA untuk membantu kesulitan penduduk ataupun suku yang lokasinya sulit untuk dijangkau di pedalaman Papua. Dengan melaksanakan ekspedisi di belantara suku pedalaman Papua sejauh 180 Km di aliran sungai Pomats dari Desa Batas Batu Kabupaten Nduga sampai dengan Distrik Agats Kabupaten Asmat. Kamis (20/01/2022).

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya melaksanakan Patroli Sungai, pengobatan gratis, anjangsana dengan tokoh masyarakat, serta membagikan bingkisan bahan makanan dan pakaian kepada masyarakat yang berada di aliran sungai Pomats.

Beberapa kampung yang di kunjungi dalam kegiatan tersebut antara lain Kampung Bu, Kampung Agani, Kampung Sa, Kampung Er, Kampung Ma, dan Kampung Mumugu. Satgas Korps Marinir juga menghampiri masyarakat yang sedang mencari ikan serta membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan di aliran sungai Pomats.

Dansatgas menyampaikan bahwa kegiatan tersebut, seperti Patroli Sungai merupakan kegiatan rutin. Namun ada beberapa kegiatan yang sekaligus bertujuan untuk membantu masyarakat yang berada di daerah yang sulit di jangkau di pedalaman Papua dan menunjukkan rasa kepedulian Prajurit Korps Marinir kepada Masyarakat Papua.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh Kepala Kampung Bu dan Agani Bertus Tuse bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan dan bakti sosial yang dilaksanakan oleh Satgas Muara dan Perairan Korps Marinir di kampungnya merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh TNI, sehingga beliau berharap kedepannya kegiatan yang positif tersebut dapat dilaksanakan secara rutin, harapnya.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds