Monumen Alutsista Korps Marinir TNI AL di Kabupaten Batang Diresmikan Dankormar

CAKRA101, Batang Jateng- Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono didampingi Bupati Kabupaten Batang Dr.H.Wihaji, S.Ag., M.Pd. dan Pejabat Utama jajaran Korps Marinir serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab.Batang secara langsung meresmikan Monumen Perjuangan berupa alutsista milik Korps Marinir TNI AL yang sudah purna tugas yang digelar di Alun-Alun Kabupaten Batang Jawa Tengah, Jumat (28/01/2022).

Monumen Perjuangan Kabupaten Batang tersebut berupa Tank jenis ranpur PT 76 buatan tahun 1961 dari Negara Rusia, dengan panjang 7,20 meter, panjang senjata 7, 20 meter dengan lebar 3,14 meter dan tinggi 2,37 meter. Lalu 2 meriam jenis Howitzer 122 MM buatan Cekoslavia tahun 1942 dengan kaliber 121,92 mm, panjang laras 2800mm, tinggi 1820mm, lebar 1975 dan beratnya 2500 kg.

Tank dan meriam tersebut di tempatkan di Alun-Alun Kabupaten Batang di utara pohon beringin dengan formasi Tank PT 76 di tengah dan dua Meriam jenis Howitzer 122 MM di samping kanan dan kiri Tank, Penempatan tersebut berdasarkan konsultasikan dengan Bupati Batang dan para sesepuh Kabupaten Batang dengan alasan sebagai simbol perjuangan Masyarakat Kabupaten Batang dan Korps Marinir pada saat itu.

Monumen alutsista yang telah purna tugas tersebut merupakan hibah dari Korps Marinir kepada warga Kabupaten Batang dengan tujuan dapat memberikan edukasi nilai patriotisme, utamanya kepada generasi muda. Dulunya alutsista tersebut pernah digunakan oleh Prajurit KKO atau Marinir dalam berbagai latihan dan tugas operasi baik dalam maupun luar negeri yang tercatat dalam sejarah panjang bangsa Indonesia.

Kegiatan peresmian tersebut diawali dengan penyambutan oleh Bupati Batang kepada orang nomor satu di Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono yang kebetulan beliau asli putra kelahiran Batang Jateng yang didampingi Ketua Pengurus Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny.Etta Suhartono dilanjutkan pengalungan bunga dan tarian babalu, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan sejarah singkat, sambutan, penandatangan prasasti, pemotongan pita, penyerahan Bansos berupa Alquran, sembako, serta penyerahan buku, foto bersama, peninjauan dan diakhiri ramah tamah.

Dalam Sambutannya Komandan Korps Marinir Menyampaikan bahwa Kabupaten Batang merupakan salah satu daerah yang menjadi saksi perjuangan heroisme prajurit Corps Armada IV atau Corps Mariniers Alri yang sekarang disebut Korps Marinir TNI AL dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Jiwa Patriotisme dan semangat nasionalisme yang dimiliki para pendahulu kita merupakan pengejawantahan dari kecintaan kepada Bangsa dan Negara dalam melawan penjajahan Belanda yang ingin menguasai kembali Nusantara.

“Sebagai pengingat serta wujud penghargaan yang tinggi terhadap jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran Batang, Korps Marinir menyerahkan alat utama sistem senjata TNI Angkatan Laut kepada masyarakat Batang yang diwujudkan melalaui pembangunan Monumen Tank dan Meriam Marinir,” pungkas Komandan Korps Marinir.

Di depan awak media Bupati Kabupaten Batang menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi- tingginya kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang sudah menyerahkan atau menghibahkan alutsista Korps Marinir untuk dijadikan Monumen Perjuangan di Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Lebih lanjut Dr. H. Wihaji, S.Ag., M.Pd. menyampaikan bahwa dengan adanya Monumen Alutsista Korps Marinir TNI AL ini dapat menjadi ikon dan destinasi wisata sejarah untuk masyarakat Kabupaten Batang dan sekitarnya serta dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi generasi muda bangsa, agar memiliki pengetahuan tentang sejarah perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Rangkain kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol Kesehatan, Hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Utama Mako Kormar, Ketua DPRD Kabupaten Batang, Wakil Bupati Batang, Dandim 0736 Batang, Kapolres Batang, Kajari Batang, Ketua Pangadilan Negeri, Danlanal Tegal, Sekda Kab Batang, Ketua MUI Batang, Ketua FKUB Batang, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Batang.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds