Singapore Air Show 2022 Day One. Cuaca Berawan, JAT Tetap Tampil Memukau

CAKRA101, Singapura- Gelaran ajang internasional Singapore Air Show day one (hari pertama) sempat mengalami penundaan beberapa menit, karena kondisi cuaca di Changi Exhibition Center berawan. Setelah kondisi cuaca dinyatakan clear, Singapore Air Show 2022 (SAS 2022) mulai digelar dengan penampilan para peserta dari sejumlah negara, termasuk Jupiter Aerobatic Team (JAT) dari Indonesia, Rabu (16/2/2022).

The Jupiters dengan enam pesawatnya, tampil pada sesi penutup demo udara day one ini, take off dari Lanud Hang Nadim Batam menuju warming up area. JAT memasuki display area setelah penampilan pesawat F-35B US Marine dengan Callsign Profane . Meskipun langit di Changi Exhibition Center masih berawan, 14 manuver udara yang ditampilkan Jupiter Aerobatic Team berlangsung sempurna dan mendapat apresiasi serta decak kagum para pengunjung SAS 2022.

Diawali dengan manuver Jupiter Roll, enam pesawat JAT melintas di depan pengungjung SAS 2022. Manuver pembuka ini sekaligus sebagai ungkapan rasa hormat The Jupiters kepada seluruh pengunjung SAS 2022.

SAS 2022 ini turut disiarkan secara live streaming di sejumlah akun media sosial TNI AU, baik youtube (Airmen TV & Jupiter aerobatic team), instragran (militer udara) dan facebook (tni angkatan udara). Llive streaming menghadirkan Supervisor JAT tahun 2011, Marsda TNI Anang Nurhadi Susilo dengan presenter Serka Mei.

Marsda Anang turut mengapresiasi seluruh manuver udara yang ditampilkan oleh The Jupiters pada one day SAS 2022 ini, meskipun kondisi cuaca yang berawan di display area.

“Penampilan full manuver, 6 pesawat dengan 14 manuver pada cuaca berawan menujukan perfoma terbaik Jupiters pada hari ini. Hal ini menunjukkan profesionalitas penerbang TNI Angkatan Udara yang tidak diragukan lagi,” ungkap Marsda Anang saat talk show berlangsung.

Apresiasi yang sama turut disampaikan oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Singapura, Ir. Suryo Pratomo melalui video conference pada saat live streaming di akun media sosial TNI AU.

Dubes LBBP RI di Singapura ini menyampaikan rasa bangganya atas penampilan The Jupiters di SAS 2022. Disampaikannya, bahwa negara Singapura memberikan kehormatan yang luar biasa kepada Indonesia.

“Hal ini merupakan sebuah pengakuan yang sangat luar biasa,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Ekspose liputan media Singapura sejak Jupiter aerobatic team melakukan latihan masuk dalam liputan utama foto di media screat time. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa kehadiran team aerobatik kebanggaan Indonesia di air show menjadi sangat penting.

“Sejak kemarin saya terus mendapatkan banyak pujian dan kekaguman para pejabat dan staf Kementerian Perhubungan Singapura. Meraka mengirimkan foto pada saat Jupiters sedang latihan demo udara, mereka kagum dan memuji kehebatan penerbang TNI AU,” ungkap Dubes LBBP RI di Singapura tersebut.

14 manuver udara yang dipersembahkan The Jupiters hari ini adalah Jupiter Roll, diikuti oleh Delta Loop, Eagle to Arrow Head Loop and Break Off, Twin Half Cuban, Jupiter Wheel, Tango to Diamond Loop, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Pass, Leader Benefit and Roll Back dan diakhiri dengan Clover Leaf and Cascade.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds