Saka bahari Kwarcab Jakut binaan Yonmarhanlan III Restorasi Terumbu Karang di Pondok Dayung

CAKRA101, Jakarta- Prajurit Hiu Perkasa Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta tergabung dalam Satuan Karya Bahari Jakarta Utara dan Jakarta Timur melakukan kegiatan restorasi terumbu karang di Pondok Dayung, Tanjung priok, Jakarta Utara pada hari Selasa (24/05/2022).

Kegiatan yang diikuti 30 peserta ini dibuka oleh Letkol Laut (KH) Syarifuddin Amir selaku Kasubdisprogla Dispotmar Koarmada I. Kak Syarifuddin dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar anggota Saka Bahari semakin peduli terhadap ekosistem laut diantaranya dengan cara restorasi terumbu karang.

Menurutnya, aksi ini harus dimulai dari diri sendiri dan dimulai dari sekarang. Kegiatan restorasi terumbu karang diawali dengan pengarahan oleh Kadispotmar Koarmada I yakni Kolonel Laut (KH) Lie Lie Suprijatna dan dilanjutkan dengan sosialisasi restorasi terumbu karang oleh Letkol Mar Bambang Irianto.
Dalam sosialisasi, peserta dijelaskan tentang terumbu karang dan cara membuat kerangka untuk restorasi terumbu karang. Setelah mendapatkan sosialisasi, seluruh peserta diajak untuk praktek restorasi terumbu karang secara langsung.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.30 WIB ini ditutup dengan kegiatan apel pada pukul 15.00 WIB. Kegiatan restorasi terumbu karang sendiri merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yaitu Pelayaran Kebangsaan.

Komandan Yonmarhanlan III Mayor Marinir Amin Surya Laga, S.E., M.Tr.Opsla., ditempt terpisah menyampikan pelatihan sangat bermanfaat sebagai pengetahuan agar tindakan pengelolaan dan pelestarian yang dilakukan oleh Saka Bahari lebih tepat sehingga kerusakan terumbu karang dapat diatasi dengan mudah, ucap Danyonmarhanlan III.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds