Dari Ajang Kasau Awards 2022. Tiga Jurnalis dan Satu Media Televisi, Boyong Tropi Kasau

CAKRA101, Jakarta- Tiga jurnalis dari media cetak/online dan satu media televisi terpilih sebagai peraih tropi Kasau, pada ajang Kasau Awards 2022, yang diselenggarakan Dispenau, di gedung Puri Ardhya Garini Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (9/7/2022).

Dewan juri yang diketuai Dr. Dadang Rakhmat Hidayat, M.Si, menyebutkan ketiga jurnalis dan satu media televisi menjadi juara pertama pada empat kategori yang di lombakan.

Pada kategori isu strategis, juara diraih Rangga Baswara Sawiyya dari Airspace-review.com, dengan judul artikel “Menyongsong Kehadiran Elang-Elang Penempur Baru Penjaga Langit Pertiwi”.

Kategori isu Humanis, juara diraih Kurnia Yunita Rahayu dari harian Kompas, dengan judul artikel “Evolusi Enam Dekade Duta Bangsa di Angkasa”. Kategori berita media televisi, juara diraih Stasiun TVRI.

Sementara pada kategori foto jurnalistik, juara diraih Muhammad Taufan Rengganis dari media Tempo, dengan judul foto “Helikopter TNI AU, mengibarkan bendera Merah Putih Raksasa pada HUT ke-76 Kemerdekaan RI”. Selain itu juga dilombakan kategori foto untuk masyarakat umum, yang dimenangkan oleh Akhmat Haridi dari Wonosobo, Jawa Tengah, judul foto “JAT TNI AU Melintas di Atas Keraton Yogyakarta”.

Selain tropi, para juara juga mendapatkan sertifikat penghargaan dan hadiah uang dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A., saat penyerahan tropi mengatakan, Kasau Awards merupakan apresiasi TNI AU kepada para jurnalis nasional yang telah ikut membantu membangun citra positif TNI AU di tengah masyarakat.

“Kasau Awards sebagai ajang penghargaan dan apresiasi TNI AU kepada jurnalis nasional yang telah berkiprah dan berpartisipasi aktif dalam membangun citra positif TNI AU di masyarakat nasional dan komunitas global,” ujar Kasau.

Disampaikannya, karya para jurnalis menjadi sumbangsih berharga, sekaligus wujud peran serta awak media dalam menjaga kedaulatan Indonesia.

“TNI AU membutuhkan kontribusi aktif dan peran serta dari seluruh elemen bangsa, salah satunya melalui peran media nasional yang ikut membangun citra TNI AU. Media juga partner strategis yang berperan memberikan masukan guna mendorong mewujudkan TNI AU yang disegani di kawasan”, ujar Kasau.

Kasau Award 2022, merupakan ajang keempat, diikuti 111 jurnalis nasional dari Sabang sampai Merauke, dengan karya peserta lomba sebanyak 265 produk jurnalistik.

Pada kesempatan yang sama, Kasau juga memberikan penghargaan kepada kru film Kadet 1947. Penghargaan berupa piagam diberikan kepada produser, sutradara, artis, *pencipta lagu serta penyanyi soundtrack* film Kadet 1947, atas ide, kreatifitas dan dedikasinya ikut membantu membangun citra positif TNI AU melalui film.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si (Han), Pangkoopsudnas, Marsekal Madya TNI Andyawan Matono Putro, S.I.P, Dankodiklatau Marsekal Madya TNI Nanang Santoso, Irjenau, Korsahli Kasau, para Asisten Kasau, Wakapuspen TNI, Karopenmas Humas Polri, Kadispenad, Sesdipenal, Dirut/CEO Media, para Pemred Media serta pejabat utama TNI AU lainnya.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds