Wadan Kormar Hadiri Pelepasan Wkspedisi Jala Citra II “BANDA”

CAKRA101, Jakarta- Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, memimpin Upacara pelepasan KRI Rigel-933 untuk melaksanakan Ekspedisi Jala Citra II  “BANDA” 2022.

Dalam rangkaian acara tersebut Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto yang diwakili oleh Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menghadiri upacara pelepasan Ekspedisi Jala Citra II  “BANDA” 2022 di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (16/06/2022).

Ekspedisi Jala Citra II “BANDA” Tahun 2022 ini merupakan kegiatan kedua melanjutkan Ekspedisi Jala Citra I “AURORA” Tahun 2021 yang dilaksanakan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dalam rangka memenuhi kebutuhan data dan informasi bagi para peneliti untuk melakukan pengumpulan data bersama. Fokus Ekspedisi Jala Citra kali ini berada di Laut Banda.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian memperingati 101 tahun Hari Hidrografi Dunia untuk melakukan penelitian keberadaan laut Halmahera dan sekitarnya sehingga dapat mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Kepala Staf Angkatan laut dalam sambutannya menyampaikan “Ekspedisi ini akan menunjukkan peran dan kontribusi ilmu Hidrografi dalam agenda peningkatan ilmu kelautan”.

Penelitian ini dilaksanakan berkolaborasi dengan para peneliti dari kementerian/lembaga terkait, perguruan tinggi, dan profesional serta pihak swasta yang bergerak di bidang survei dan pemetaan kelautan. kementerian lembaga yang berpartisipasi antara lain: TNI AL, Pushidrosal, Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, BRIN, BIG DAN BMKG. Lembaga pendidikan tinggi yang mendukung antara lain: ITB, IPB, UGM, UHT, Unpatti, Undip, Unpad, Unbabel, Unsri dan STTAL. Ekspedisi ini juga didukung oleh industri survey nasional yang diwakili oleh Hydronav dan Geotronix.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds