Askomlek Dankormar Hadiri Serah Terima Jabatan Komandan Kopasgat

CAKRA101, Bandung- Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto yang diwakili Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Dankormar Kolonel Marinir Edy Cahyo Sumarno menghadiri acara serah terima jabatan Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat atau biasa disebut Kopasgat di Mako Kopasgat Lanud Sulaiman Bandung, Jl. Hercules 2, Sulaiman, Kec. Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/06/2022).

Dalam upacara yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P itu, jabatan Komandan Kopasgat yang sebelumnya dijabat Marsekal Muda TNI Eris Widodo Yuliastono, S.E., M.T .(Han) diserahterimakan kepada penggantinya Marsekal Pertama TNI Taspin Hasan S.A.P. M.Si. Pejabat baru sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan Kopasgat, sedangkan pejabat lama sebagai Pati Mabesau.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P menegaskan dalam Amanatnya Bahwa untuk menjadi Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat Harus Mempunyai Kualifikasi yang sesuai dengan harapan Para Prajurit Baret Jingga Maka dari itu harapannya Komandan Komando Gerak Cepat Yang Baru menjabat Bisa cepat Beradaptasi dengan para Prajurit Kebanggaan Matra Udara ini

Kopasgat merupakan pasukan (khusus) yang dimiliki TNI AU. Kopasgat merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat. Setiap prajurit Pasgat diharuskan minimal memiliki kualifikasi para-komando (Parako) untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, kemudian ditambahkan kemampuan khusus kematraudaraan sesuai dengan spesialisasinya. “Karmanye Vadikaraste Mafalesu Kadatjana”, yang artinya bekerja tanpa menghitung untung dan rugi dalam Bahasa Sansekerta adalah moto yang di pegang kuat oleh pasukan yang di juluki “Si Baret Jingga”.

Turut hadir dalam upacara serah terima jabatan Komandan Kopasgat, para Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat dari masa ke masa, Para Pejabat Utama TNI Angkatan Udara, Gubernur Akmil Mayjen TNI Totok Imam Santoso, para undangan TNI dan POLRI serta pejabat Pemprov Jawa barat.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds