Marinir Laksanakan Penanaman Mangrove dan Baksos di Tangerang

CAKRA101, Jakarta- Korps Marinir melaksanakan kegiatan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) Korps Marinir – TNI AL yang bersinergi dengan Pemkab Tangerang, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Citarum Ciliwung, Perhutani KPH Banten, Sakabahari Tangerang serta LMDH Tapas Jaya. Kegiatan yang dilaksanakan berupa Penanaman Mangrove dan Bakti Sosial Penyerahan Paket Sembako, di kawasan Tangerang Mangrove Center, Tanjung Pasir, Kec. Teluk Naga, Kab. Tangerang, Jawa Barat, Rabu (29/06/2022).

Kegiatan yang diawali dengan sambutan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, yang dibacakan oleh Asisten Potensi Maritim Komandan Korps Marinir (Aspotmar Dankormar) Kolonel Marinir Raja E Girsang, S.E., M.M., M.Sc. yang juga sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan.

Dalam sambutannya disampaikan tentang pentingnya tanaman mangrove bagi ekosistem wilayah pesisir, dimana mangrove tidak hanya sebatas penahan abrasi air laut, namun juga sebagai penyerap gas karbondioksida 4 kali lebih besar dibandingkan dengan hutan tropis lainnya. Disamping itu, kawasan mangrove juga berfungsi sebagai tempat berkembangbiaknya biota laut sebagai sumber protein masyarakat. Akan tetapi, dibalik manfaat mangrove yang luar biasa bagi kehidupan tersebut, namun saat ini hutan mangrove banyak mengalami kerusakan akibat kurangnya kesadaran masyarakat serta dampak pembangunan, reklamasi dan revitalisasi yang terjadi di kawasan pesisir.

“Sebagai langkah mengurangi dan memperbaiki kerusakan tersebut, pemulihan dan rehabilitasi hutan mangrove sangat penting untuk dilakukan dengan komitmen yang kuat dari semua pihak dan dilaksanakan secara berkesinambungan. rehabilitasi mangrove harus dilakukan secara inklusif dan melibatkan semua pihak. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan Bapak Kepala Staf Angkatan Laut dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan rehabilitasi mangrove. Dimana, TNI Angkatan Laut akan melaksanakan penanaman mangrove secara serentak pada Hari Mangrove se-Dunia, tepatnya tanggal 26 Juli 2022. Guna menyukseskan kegiatan rehabilitasi hutan mangrove tersebut, Korps Marinir bersinergi bersama komponen bangsa melaksanakan penanaman secara berkelanjutan dalam rangka menjaga, memelihara serta melestarikan keberadaan tanaman mangrove sesuai wilayah kerjanya,” tegas Dankormar dalam lanjutan amanatnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Bupati Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Citarum-Ciliwung, Kepala Perhutani KPH Banten, Sahli F Bidang Komsos dan Potmar, Dandim 0506/Tangerang, Kapolres Metro Tangerang, Camat Teluk Naga, Danposal Tanjung Pasir dan Perangkat Desa serta Anggota LMDH Tapas Jaya, Tanjung Pasir.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds