Peringatan ke-75 Hari Bakti TNI AU. Terbang Napak Tilas, Refleksi Keteguhan Jatidri Pengawal Dirgantara

CAKRA101, Yogyakarta- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., memimpin kegiatan terbang napak tilas Hari Bakti TNI AU, di Baseops Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Jumat (29/7/2022).

Kasau menegaskan, terbang napak tilas sebagai wujud refleksi keteguhan jatidiri para Kadet TNI AU selaku penjaga dirgantara. Dijelaskan, para pendahulu TNI AU 75 tahun lalu tetap teguh menjaga angkasa tanah air, meskipun dihadapkan dengan segala keterbatasan.

“Pada masa kini, generasi penerus TNI AU berkewajiban menjaga semangat cinta tanah air, rela berkorban dan kepahlawanan yang telah ditunjukkan para perintis TNI AU 75 tahun lalu,” tegas Kasau.

Terbang napak tilas, merupakan kegiatan untuk mengingat dan mengenang kembali heroisme para Kadet TNI AU pada 29 Juli 1947, dengan melaksanakan operasi udara pengeboman menggunakan dua pesawat Churenk dan satu Guntai, ke markas penjajah Belanda di Semarang, Salatiga dan Ambarawa.

Melalui terbang napak tilas, diharapkan nilai-nilai perjuangan yang telah ditunjukkan para perintis TNI AU dapat terus tertanam di dalam diri generasi penerus TNI AU.

Terbang napak tilas, diwarnai dengan teatrikal oleh kolaborasi siswa Sekbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta dan komunitas “45”, yang memvisualisasikan peristiwa pengeboman. Dalam teatrikal pesawat Churenk dan Guntai diperankan ole pesawat TP-120 Grop yang diterbangkan para instruktur penerbang Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto Yogyayarta.

Hadir pada kegiatan terbang napak tilas, Pangkoopsudnas, Dankodiklatau, Irjenau, para Asisten Kasau, Komandan Seskoau, Gubernur AAU, Komandan Lanud Adisutjipto, dan beberapa Kepala Dinas jajaran Mabesau.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds