Delegasi TNI AU Hadiri Opening Ceremony Exercise Pitch Black 2022

CAKRA101, Darwin – Delegasi TNI AU dalam Latma Pitch Black ’22 yang dipimpin Danwing 3 Lanud Iswahjudi Letkol Pnb G.M. Yoga Ambara, menghadiri Opening Ceremony Exercise Pitch Black 2022 di Darwin Convention Center, Sabtu sore waktu Australia (20/09/2022).

Latihan dibuka oleh Air Commander Australia (ACAUST), Air Vice Marshal Darren Goldie dari Royal Australian Air Force (RAAF) selaku pimpinan latihan.

Pada kesempatan tersebut, AVM Darren Goldie menyampaikan rasa terima kasih dan menyampaikan apresianya kepada seluruh delegasi yang telah hadir.

Diharapakan para peserta latihan dapat berkomunkasi dengan baik dan saling bertukar ilmu, sehingga latihan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta.

Kepada seluruh kontingen Pitch Black ’22, ditekankan untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan. “Selama latihan, keselamatan harus menjadi prioritas utama bagi penyelanggara dan peserta latihan, sehingga hal-hal yang tidak dinginkan dapat dihindari,” ujar AVM Darren Goldie.

Setelah Opening Ceremony, dilanjutkan dengan Mess Air Brief yang mejelaskan tentang gambaran umum mengenai AMX Pitch Black, teknis pelaksanaan latihan, peraturan latihan, dan keamanan Plpenerbangan.

Pada Mass Air Brief juga dipaparkan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh para peserta dimana mereka akan melaksanakan Force Integration Training (FIT) yaitu pemanasan sebelum pelaksanaan Large Force Employment (LFE) berupa Terbang Familiarisasi, Disimillar Basic Fighter Maneuver (DBFM) dan Disimillar Air Combat Tactic(DACT) 2VX dan 4VX serta Mindil beach flypast pada minggu pertama.

Pada minggu kedua dan ketiga akan melaksanakan LFE siang dan malam hari. Pada saat LFE akan mengkombinasikan antara misi Offensive Counter Air (OCA) dan Defensive Counter Air_(DCA) dengan melibatkan lebih dari 70 pesawat Fighter, Tanker, AWACS, dan Big Wing Transport.

Hadir pada kegiatan ini, Wadirlambangjaau Kolonel Pnb Atang Sudrajat, Atase Udara RI untuk Australia Kolonel Nav Muhammad Jausan, S.Pd., M.Eng., Komando Latihan (Kolat), Observer dan Para Penerbang F-16 TNI AU dan kontingen negara peserta latihan Pitchblack 2022.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds