Pitch Black ’22, Penerbang F-16 TNI AU, Jalani FIT Fase Terakhir

CAKRA101, Darwin- Para penerbang F-16 TNI AU yang terlibat dalam Latma Pitch Black ’22 di RAAF Base Darwin Australia, kembali menjalani Force Integration Training (FIT) fase akhir. Pada fase ini penerbang tempur TNI AU dihadapkan dengan latihan ACT (Air Combat Training) 4 v X yang semakin menantang.

Penerbang F-16 TNI AU terbang bersama penerbang Royal Australian Air Force (RAAF), United States Pacific Air Force (US PACAF), Indian Air Force (IAF), Republic of Singapore Air Force (RSAF), dan Japan Air Self-Defense Force (JASDF), Kamis (25/09/2022).

Pada gelombang pertama, empat F-16 TNI AU berperan sebagai tim merah, bersanding dengan dua SU-30 IAF dan empat F-15C US PACAF “melawan” empat F-35A dari RAAF..

Pada gelombang kedua, F-16 TNI AU berperan sebagai tim Biru, “berhadapan” dengan empat F-15 dari RSAF dan dua F-2 dari JASDF.

Pada hari yang sama, dua pesawat F-16 TNI AU juga melakukan flypast formasi fighting wing di atas Mildi Beach. Flypast juga dilakukan oleh seluruh negara peserta Pitch Black 2022. Atraksi udara langka ini, sangat menarik warga kota Darwin hingga menyedot perhatian masyarakat.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds