PEGASE ’22, Jalin Persahabatan, Sejumlah pesawat AU Perancis, Tiba di Indonesia

CAKRA101, Jakarta –  Sejumlah pesawat Angkatan Udara Perancis (FASF – Frenc Air and Space Force) yang terdiri dari 3 pesawat tempur Rafale, 1 pesawat Angkut A-400M, dan 2 pesawat 330 MRTT, mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu, siang, (11/9/2022).

Kedatangan pesawat-pesawat AU Perancis, yang baru selesai mengikuti latihan multinasional Pitch Black ’22 di RAFF Base Australia ini, untuk melaksanakan serangkaian kegiatan kerjasama dengan TNI AU, dalam misi PEGASE ’22, dari tanggal 11 s.d. 14 September 2022. Misi PEGASE tim AU Perancis di Indonesia kali ini, merupakan kegiatan ketiga, setelah pada 2015 dan 2018, juga pernah dilaksanakan kegiatan yang sama di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kedatangan AU Perancis disambut Pangkoopsud I Marsda TNI Ir. Tedi Rizaliadi, Waasops Kasau Marsma TNI Donald Kasenda, Danlanud Halim Perdanakusuma Marma TNI Bambang Gunarto dan sejumlah pejabat TNI AU lainnya. Diantara rombongan AU Perancis juga hadir Wakasau Perancis Letjen Frederic Parisot, dan Athan Kedubes Perancis di Jakarta.

Selama di Indonesia, tim AU Prancis, akan menggelar sejumlah kegiatan kerjasama kedua angkatan Udara. Beberapa kegiatan penting yaitu CC Letjen Frederic Parisot kepada Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CFSA. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) bidang operasional dan pemeliharaan pesawat Rafale, A-330 MRTT dan A- 400M.

Tim AU Perancis hari ini, Minggu (11/9), melaksanakan backseat pesawat Rafale bagi dua pejabat, yaitu Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, dan Dubes Perancis untuk Indonesia H.E. Olivier Chambard.

Sementara besok Senin (12/9) dilaksanakan beberapa kegiatan, yaitu joyflight A-330 MRTT bagi media, Joyflight A-400M bagi VIP Kemhan/TNI, dan backseat penerbang tempur TNI AU. Pada sore harinya dilaksanakan static show di terminal selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Selanjutnya Pada Selasa (13/9), kembali dilaksanakan backseat bagi penerbang tempur TNI AU dan static show.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds