Dankormar Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Perwira, Bintara Tamtama dan PNS Korps Marinir

CAKRA101, Jakarta- Kenaikan pangkat merupakan wujud pengakuan sekaligus kehormatan bagi para perwira, Bintara dan tamtama serta PNS yang mengandung konsekuensi kewajiban untuk menjaga memelihara dan memberikan tauladan dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari, serta adanya tantangan yang harus dihadapi untuk meningkatkan kemampuan pribadi dalam jabatan yang diemban guna memberikan Karya yang terbaik serta kontribusi nyata bagi organisasi, Oleh karena itu dengan kenaikan pangkat ini hendaknya dapat lebih memahami tuntunan tugas dan tanggung jawab yang semakin besar sesuai dengan strata kepangkatan yang telah disandangnya.

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto secara resmi menerima laporan kenaikan pangkat Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korps Marinir di Gedung Graha Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No.40 Kwitang Jakarta Pusat, Jumat (03/10/2022).
Sebagaimana diketahui, ada dua periode Kenaikan Pangkat yaitu periode 1 April dan 1 Oktober.

Pada periode 1 Oktober 2022 dari Data Disminpers Kormar (Dinas Administrasi Personel Korps Marinir) tercatat 2.024 personel prajurit dan 81 personel PNS yang naik pangkat 2.024 prajurit terdiri dari 167 perwira naik pangkat menjadi Kolonel 15 pers, Letnan Kolonel 41 pers, Mayor 30 pers Kapten 3 Pers dan Letnan Satu 81 pers.

Untuk Bintara tercatat 206 pers dengan perincian dari Peltu menjadi Letda ada 15 pers, dari Pelda menjadi Peltu 68 pers, dari Serma menjadi Pelda 29 pers. Sementara yang naik pangkat menjadi Serma ada 13 per, Serka 4 pers dan Sertu 77 pers.

Pada strata Tamtama tercatat 1.651 pers yang naik pangkat, dengan rincian menjadi Kopka 35 pers, Koptu 467 pers, Kopda 339 pers, Praka 345 pers,dan Pratu 465 pers.
Sementara Pegawai Negeri Sipil tercatat 81 pers yang naik pangkat dengan rincian menjadi Penata TK I III/D 3 pers, Penata I III/B 10 pers, Penata Muda III/A 16 pers, Pengatur TK I II/D 3 pers, Pengatur II/C 27 Pers, Pengatur II/A 9 Pers, Juru I/C 2 Pers, Fungsional Arsiparis Penata TK I III/D 1 Pers, Fungsional Kesehatan Penata III/C 2 Pers, Penata Muda TK I III/ 7 Pers, Penata Muda III/A 1 Pers.

Kenaikan pangkat pada hakekatnya juga merupakan wujud penghargaan yang diberikan oleh pemerintah atas dedikasi loyalitas dan pengabdiannya serta prestasi yang telah ditunjukkan oleh para prajurit, hal ini juga merupakan bagian dari pelaksanaan sistem pembinaan personel yang diorientasikan bagi kepentingan organisasi seluruh proses pembinaan tersebut dilakukan secara konsisten sistematis dan berkesinambungan berdasarkan penilaian yang objektif sesuai dengan ketentuan dengan demikian sistem pembinaan personel telah memberikan peluang dan hak yang sama bagi setiap prajurit untuk berkompetisi secara sehat dalam menjalankan jenjang karir masing-masing.

Hadir mendampingi Dankormar Wakil Komandan Korps Marinir (Wadankormar) Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. Irkormar Brigjen TNI (Mar) Cecep Ruhiat Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., CSBA. Pejabat Utama Korps Marinir serta para Komandan Kolak Kormar Jakarta.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds