Seskoau gelar Seminar Dampak Konflik Rusia – Ukraina

CAKRA101, Lembang- Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Danseskoau) Marsda TNI Minggit Tribowo, S.IP., membuka Seminar akhir pendidikan Pasis Seskoau A-59, di Graha Widya Dirgantara, Seskoau, Lembang, Selasa (18/10/2022).

Seminar mengangkat tema dampak konflik Rusia-Ukraina terhadap negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Dalam sambutannya, Danseskoau mengatakan setiap negara di Asia Tenggara saat ini perlu bekerja keras untuk membangun ketahanan di sektor energi dan ekonomi terhadap guncangan global yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir. Guncangan pertama dampak pandemi Covid-19, dan kedua dampak konflik Rusia-Ukraina.

Menurutnya, meskipun Indonesia tidak secara langsung terlibat dalam konflik antara dua negara tersebut, ini tetap perlu diantisipasi, mengingat lingkungan strategis terus bergerak secara dinamis.

”Indonesia sepatutnya mempersiapkan berbagai strategi dikarenakan Indonesia memiliki kedekatan kerjasama pertahanan/militer dengan kedua negara yang berkonflik tersebut,” jelas Danseskoau.

Bertindak sebagai keynote speaker secara daring Menteri Luar Negeri Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, LL.M.

Seminar juga menghadirkan beberapa narasumber yaitu Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila G. Vorobieva, Rektor Universitas Padjajaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M. SIE., dan Analis bidang militer dan pertahanan keamanan Dr. Connie Rahakundini.

Seminar diikuti oleh seluruh Pasis Seskoau A-59, lembaga pendidikan di lingkungan TNI dan Polri serta Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana dari beberapa perguruan tinggi secara daring dan luring.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds