Pimpin Apel Gelar Kesiapan Pengamanan Presidency G-20, Kasau Minta Prajurit TNI AU Pahami Tugas

CAKRA101, Jakarta- Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA memimpin apel gelar Kesiapan TNI AU dalam rangka pengamanan kegiatan Presidency G20 Bali 2022, di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (28/10/2022).

Selain diikuti oleh seluruh prajurit yang terlibat dalam pengamanan, apel gelar Kesiapan juga menghadirkan berbagai alutsista TNI AU yang akan digunakan pada pengamanan Presidency G20.

Kasau mengatakan, kegiatan Presidency G20, yang akan digelar 15 s.d 16 November 2022 di Bali, menjadikan Indonesia sebagai pusat perhatian dunia internasional. Untuk itu kepada seluruh prajurit TNI AU yang terlibat, agar mempersiapkan diri, memahami tugas dan menguasai setiap prosedur yang diberikan.

“Jadikan setiap misi penugasan pada kegiatan ini sebagai kebanggaan dan kehormatan,” pinta Kasau.

Kasau berharap, karena mata dunia akan tertuju pada Indonesia, maka para prajurit TNI AU yang bertugas, diharapkan mampu menampilkan performa terbaik, khususnya dalam tugas-tugas pengamanan Presidency G20, dan tugas pertahanan negara di udara.

Selama penyelenggaraan Presidency G20 tahun 2022, TNI AU mendapat tugas pengamanan strategis dan taktis, mulai dari pengamanan bandara, aerodrome, pergerakan pesawat kenegaraan, dan pengawalan VVIP.

“Laksanakan sinkronisasi dan koordinasi secara baik, Pegang teguh Rules of Engagement dan Standar Operating Procedure yang telah disepakati, miliki sense of crisis sebagai satu kesatuan yang aktif dan responsif terhadap dinamika selama penugasan,” pesan Kasau.

Presidency G20 merupakan sebuah platform multi-lateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia sehingga menentukan masa depan pertumbuhan ekonomi dunia, khususnya di tengah kondisi pemulihan perekonomian global pasca pandemi COVID-19.

Seusai memimpin apel, Kasau meninjau langsung kesiapan prajurit dan sejumlah alutsista TNI AU yang akan digunakan. Diantaranya sejumlah pesawat terbang dan berbagai kendaran taktis, kontainer medis udara, sejumlah peralatan komunikasi, serta persenjataan perorangan.

Apel gelar kesiapan Presidency G20 turut dihadiri oleh Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, Dandodiklatau Marsdya TNI M.Tonny Hardjono, Para Asisten Kasau, Kapuslaiklambangjaau, Pangkoopsud I, Pangkoopsud II, Dankopasgat, serta para pejabat utama TNI AU lainnya.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds