Latihan Pernika TA 2022, Penggunaan Spektrum Elektronika, Pegang Peran Penting dalam Pernika

CAKRA101, Cilangkap- Komandan Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) Marsdya TNI M.Tonny Harjono, S.E., M.M., mengatakan, perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini, sangat dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi komunikasi dan elektronika, khususnya penggunaan spektrum gelombang elektromagnetik. Penggunaanya dapat untuk menyerang dan menghalangi serangan musuh, yang dikenal dengan peperangan elektronika (Pernika).

Pernyataan tersebut disampaikan Dankodiklatau saat membuka Latihan Pernika Tahun Anggaran 2022 di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (1/11/2022).

“Sebelum pasukan bergerak menuju ke sasaran, perlu dipastikan keamanan dalam penggunaan spektrum gelombang elektromagnetik, sehingga pasukan kawan dapat menuju sasaran dengan aman,” ujar Dankodiklatau.

Selaku pimpinan umum latihan (Pimumlat), Dankodiklatau berharap melalui latihan Pernika, para peserta mampu mengembangkan metode-metode dalam penggunaan spektrum gelombang elektromagnetik, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan analisis cara bertindak, untuk mendukung keberhasilan operasi udara.

Latihan pernika TNI AU TA 2022 diikuti unsur Komlek Mabesau, Kosek IKN, Koopsudnas, Koopsud I, Koharmatau, Satrudal, Satrad, Skadud 52, Depohar, untuk menguji doktrin dan melatih kesiapan unsur pernika, guna mencapai keunggulan dan penguasaan spektrum gelombang elektromagnetik pada medan perang elektronika.

Turut hadir Wadankodiklatau, Waaskomlek Kasau, Dirlat Kodiklatau, Kapoksahli Kodiklatau, Danpuslat Kodiklatau, Kadiskomlekau, Kadispenau, dan Kadisinfolahtaau.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds