Aksi Heroik Prajurit Yonmarhanlan III dalam Penyelamatan Warga Negara Asing

CAKRA101, Jakarta- Aksi Heroik Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III melakukan penyelamatan percobaan bunuh diri Warga Negara Asing (WNA) asal China dengan menceburkan diri ke laut, di Obyek Vital Nasional Terminal (JICT) II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Jumat 11/11/2022.

Untuk diketahui saat peristiwa yang menegangkan itu terjadi di sebuah area obyek vital nasional dimana pada saat itu Prajurit Yonmarhanlan III Tim Quick Respon Force (QRF) sedang melaksanakan pengamanan kapal Rumah Sakit Negara China (Ark Peace – 866) dan kapal tersebut sedang melaksanakan bakti sosial pengobatan gratis bagi warga China yang sedang berada di Indonesia.

Aksi penyelamatan oleh Prajurit Yonmarhanlan III berlangsung sangat dramatis karena keterbatasan peralatan, namun tidak menyurutkan Naluri sebagai Prajurit Marinir untuk menyelamatkan nyawa warga yang mencoba bunuh diri dengan menceburkan diri di Laut.

Warga Negara Asing asal China tersebut bernama Lei Huibin yang beristrikan seorang wanita asal Indonesia Herlina Sutanti yang diduga depresi dan mencoba mencari perlindungan kepada Tentara Angkatan Laut China karena mempunyai permasalahan dengan Pihak berwajib.

Komandan Yonmarhanlan III Mayor Marinir Daniel Rudy Siswanto M.Tr.Opsla menyampaikan ucapan terima kasih kepada prajurit Yonmarhanlan III yang pada saat itu sedang melaksanakan pengamanan, beliau berpesan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan serta memperketat pengamanan area Obyek Vital, karena hal ini menyangkut hubungan baik kedua Negara (RI&CHINA).

MC101-Pen Yonmarhanlan

daniel

daniel

This will close in 20 seconds