Prajurit Marinir TNI AL Latihan Bersama Australia Defence Force

CAKRA101, Dabosingkep- Prajurit Korps Marinir TNI AL melaksanakan Latihan Bersama Serbuan Amfibi dalam Latma Ausindo Amphibious Assault Exercise (Ausindo AAJEX) yang merupakan latihan bersama antara TNI AL dengan Australian Defence Force (ADF), yang di gelar di daerah latihan Dabosingkep Kepulauan Riau. Minggu (20/11/2022).

Dalam latihan kali ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto memimpin langsung serbuan amfibi dalam Latma Ausindo Amphibious Assault Exercise.

Dalam Latihan ini Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa hadir serta menyaksikan secara langsung manuver latihan Prajurit Petarung Marinir di Pantai Todak Dabo Singkep, Kepulauan Riau.

Latihan ini merupakan bagian dari gelaran Indo-Pacific Endeavour (IPE), program latihan yang diselenggarakan oleh Royal Australian Navy bersama Angkatan Laut negara-negara di kawasan Indo-Pasifik yang salah satunya TNI AL.

Diungkapkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bahwa, kerjasama dan latihan bilateral antara TNI dalam hal ini TNI AL dengan Australia telah dilaksanakan sejak tahun 80-an, hanya saja dalam pelaksanaannya tahun ini kompleksitas latihannya ditambahkan, dengan menambah pelibatan asset baik itu dari pihak Indonesia maupun Australia.

Pada kesempatan ini, TNI AL mengerahkan KRI Banjarmasin-592, beserta 500 prajurit, termasuk Korps Marinir TNI AL, Kopaska, Taifib, Helikopter TNI AL, Tim Kesehatan, serta dukungan pesawat udara F16 milik TNI AU. Sedangkan Australia melibatkan Kapal Perang HMAS Adelaide, Helikopter, LCC, Zodiac, Truk Logistik, serta ambulance, dengan pelibatan personel yang nyaris berimbang.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds