Tanggap Darurat Gempa Cianjur, TNI AU Bergerak Cepat Tanggulangi Bencana di Darat

CAKRA101, Cianjur- Setelah melakukan pantauan udara, TNI AU melanjutkan kegiatan penanggulangan korban terdampak gempa Cianjur di darat. Kali ini puluhan personel Lanud Husein Sastranegara Bandung dikerahkan kelokasi gempa.

Personel dikerahkan ke beberapa titik, yaitu Kampung Cicadas, kampung Kedung Girang, Kampung Baros dan kampung Cibeureum Cianjur. Wilayah- wilayah tersebut menjadi daerah terparah dampak gempa.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos mengatakan, personel TNI AU yang di lapangan telah menyalurkan kebutuhan dasar yang diperlukan pengungsi.

Beberapa kebutuhan yang disalurkan yaitu, makanan siap santap, selimut, alas tidur, baby kit, air minum, obat-obatan, bahan bakar genset dan terpal.

Tidak hanya menyalurkan kebutuhan dasar, tim kesehatan TNI AU dari Rumkit Salamun Bandung juga diterjunkan ke lokasi pengungsi. Dokter dan tenaga kesehatan telah memberikan layanan kesehatan kepada para pengungsi yang memerlukan
pertolongan.

Pelayanan kesehatan juga dilakukan secara proaktif, dengan mendatangi korban ke rumah-rumah (visiting). Cara ini dilakukan, karena kondisi fisik korban dan medan yang sulit, beberapa penduduk menunggu layanan kesehatan di rumah.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds