Outbound Media Dirgantara 2022: Dispenau Membekali Wartawan dengan Pengetahuan dan Keterampilan Survival dalam Meliput di Daerah Konflik

Cakra101, Jakarta.- Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) melakukan kegiatan Outbound Media Dirgantara untuk para wartawan yang diselenggarakan di Lapangan Tembak “Djamsuri” Wing 1 Pasgat (Pasukan Gerak Cepat) TNI AU, Halim Perdanakusuma, Rabu (14/12/22).

Acara diawali pembukaan yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah. Ia menyampaikan bahwa kegiatan Outbound Media Dirgantara adalah program pamungkas Dispenau dengan wartawan. Ia kemudian menjelaskan bahwa dalam program ini, Dispenau berkolaborasi dengan Wing 1 Pasgat untuk berbagi pengalaman dengan wartawan mengenai pembekalan pengetahuan serta keterampilan dalam meliput di daerah konflik dalam ragam situasi dan kondisi. Selain itu, kadispenau juga menyampaikan bahwa program ini juga adalah salah satu bentuk upaya untuk mempererat silahturahmi TNI AU dengan awak media.

Foto: Dok Media Cakra101

Kegiatan Outbund Media Dirgantara 2022 berlangsung selama dua hari, sejak Rabu (14/12/22), sampai Kamis (15/12/22). Pada hari pertama, agenda program yang diadakan berfokus terhadap penyuluhan materi dan teori seputar teknik dan etika peliputan dalam daerah konflik. Perihal tersebut mencakup penggambaran tentang situasi dan kondisi dalam daerah konflik, serta pengenalan terhadap IPP SET dan sejumlah Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) yang berkaitan dengan perihal bertahan hidup secara teknis dalam proses peliputan di daerah konflik.

Foto: Dok Media Cakra101

Selain itu, wartawan juga disajikan dengan materi bertahan hidup dalam situasi tersesat di hutan, khususnya hutan tropis.

Foto: Dok Media Cakra101

Mengakhiri kegiatan pada hari pertama, Kadispenau dalam doorstop-nya menjelaskan bahwa kegiatan outbound Dispenau tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya.

Foto: Dok Media Cakra101

“Untuk tahun ini, kami memang kemas (acaranya) agar memiliki nilai manfaat yang lebih tinggi. Kami berikan pengetahuan dan keterampilan bagi teman-teman media saat ditugaskan atau meliput di daerah konflik, atau saat terjadi kontak senjata dan memiliki potensi bahaya,” jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kadispenau didampingi sejumlah pejabat TNI AU, sejumlah personel Wing 1 Pasgat, dan peserta acara sejumlah 50 orang dari awak media.

MC101 – W012/Dan

daniel

daniel

This will close in 20 seconds