Wadan Kormar Bersama Forkopimda Banten Saksikan Latihan Denjaka TNI AL

CAKRA101, Perairan Selat Sunda- Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. Bersama sama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten menyaksikan Latihan Pasukan Elite TNI AL Detasemen Jalamangkara atau Denjaka di Kapal Motor Penumpang (KMP) Dorothy di Perairan Selat Sunda Kamis, (22/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut Wadan Kormar didampingi Wadan Pasmar 1 Kolonel Marinir Bambang Wahyuono, Asops Dankormar Kolonel Marinir Asril Tanjung, Komandan Kolatmar, Komandan Lanal Banten, Komandan Polairud, Kepala ASDP Merak, Kesbangpol Provinsi Banten menyaksikan secara langsung dari KAL Lanal Banten.

Dalam Latihan tersebut sejumlah Pasukan Elite Detasemen Jalamangkara diskenariokan melaksanakan pembebasan sandara yang berada di Kapal Motor Penumpang (KMP) Dorothy yang sebelumnya di bajak dan dikuasai oleh teroris di perairan Selat Sunda.

Pasukan Denjaka dengan cepat dan sigap bergerak menuju ruang-ruang terpilih serta menguasai dan merebut kembali KMP Dorothy yang sebelumnya telah dikuasai sekelompok pasukan bersenjata teroris.

Latihan tersebut dilaksanakan dalam rangka menguji kesiapsiagaan satuan Denjaka dalam merespon dengan cepat setiap potensi ancamanan dan gangguan terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa dan rakyat Indonesia, hal tersebut selaras dengan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. agar prajurit TNI AL selalu memberikan manfaat bagi masyarakat.

Pemilihan daerah latihan di perairan Selat Sunda dan menjadikan salah satu KMP penyeberangan pulau Sumatera dan pulau Jawa sangat di respon dengan baik unsur forkopimda setempat karena akan berdampak memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan mudik dalam menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Latihan tersebut juga di saksikan langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto di Puskodal Mako Kormar.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds