Setelah 47 tahun mengabdi, TNI AU Hentikan Operasi A-1312, C-130B Hercules Skadron Udara 32

CAKRA101, Malang- TNI AU secara resmi menghentikan operasional pesawat C-130 B Hercules A-1312. Penghentian pesawat Skadron Udara (Skd) 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang tersebut, dipimpin langsung oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo S.E., M.P.P., CSFA., dalam sebuah tradisi di hanggar Skd 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jumat (13/1/2023).

Tradisi sebagai ungkapan rasa syukur atas rakhmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang dicurahkan kepada keluarga besar TNI AU, terutama melalui operasional salah satu pesawat bersejarah kebanggaan bangsa, yaitu C-130B Hercules A-1312. Tradisi tersebut diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi para prajurit generasi penerus TNI AU untuk senantiasa berjuang memberikan yang terbaik dalam menjawab panggilan tugas, seperti yang ditunjukkan para senior bersama pesawat Hercules A-1313.

Kasau mengatakan, dalam sejarah TNI AU, pesawat buatan Lokcheed Martin Amerika Serikat tahun 1960 dan mulai digunakan TNI AU tahun 1975 ini, mempunyai jasa besar, baik bagi TNI AU khususnya maupun Bangsa Indonesia pada umumnya.

Selama 47 tahun pengabdian, A-1312 banyak berperan untuk mendukung berbagai operasi, baik OMP maupun OMSP, di seluruh penjuru pelosok tanah air, dengan aman dan selamat.

“Pesawat Hercules A-1312 telah berperan besar memperkuat Skd 31 dan Skd 32, menjelajahi angkasa Indonesia lebih dari puluhan ribu jam terbang,” ujar Kasau.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dengan habisnya usia center wing box pesawat hercules A-1312 yang telah mencapai 45 ribu jam terbang, maka operasionalnya dihentikan. Peran A-1312, selanjutnya akan digantikan oleh C-130 J, pesawat hercules tipe terbaru yang akan datang dalam waktu dekat memperkuat TNI AU.

Kepada seluruh kru dan teknisi A-1312, secara khusus Kasau menyampaikan apresiasinya yang telah terlibat mengoperasikannya dengan aman dan sukses.

“Selaku Kasau saya secara khusus memberikan apresiasi kepada kru, teknisi dan pendukung A-1312, karena relah berhasil menghantarkan pesawat A-1312 sampai penghujung darma bakti dengan catatan sangat baik dan sukses,” kata Kasau.

Kasau juga mengajak keluarga besar TNI AU merenungkan kembali pengabdian panjang pesawat hercules A-1312, agar menjadi bagian dari karakter TNI AU sebagai prajurit pengawal dirgantara.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Toni Hardjono, S.E., M.M., para Asisten Kasau, Dankoharmatau, Pangkoopsud II, beberapa Kepala Dinas Mabesau dan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds