Serka Mirsan Wahyudi, Bintara TNI AU, Raih gelar Doktor, Predikat cum laude

CAKRA101, Yogyakarta- Seorang prajurit TNI AU berpangkat Bintara, Serka Misran Wahyudi, S.H., M.H., sukses meraih gelar Doktor dengan predikat  _cum laude_ , di Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta.

Ujian terbuka gelar Doktor, dipimpin ketua tim Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim., S.Ag., M.Ag dengan enam orang anggota, berlangsung di aula Pasca Sarj UIN Yogyakarta, Minggu (29/1/2023).

Prestasi anggota staf Hukum Lanud Adisutjipto Yogyakarta ini mendapat apresiasi tinggi dari Prof Dr H. Makhrus, SH, M.Hum, selaku promotor saat menyelesaikan Disertasinya. Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danlanud Adisutjipto yang telah memberikan izin kepada anggota TNI AU menempuh gelar Doktor di UIN Yogyakarta.

“Kami atas nama Perguruan Tinggi UIN Yogyakarta juga menyampaikan banyak terimakasih kepada Komandan Lanud Adisutjipto yang telah mengizinkan prajuritnya menempuh gelar doktor di kampus kami. Semoga kedepan lebih banyak lagi prajurit TNI yang mau kuliah di UIN Yogyakarta ini,” kata Prof. Makhrus.

Disertasi dengan judul ‘Pemberlakuan Qanun Jinayat Aceh Dalam Sistem Penegakan Hukum Pidana  Bagi Prajurit TNI’ dipaparkan Misran Wahyudi dalam ujian terbuka gelar doktor Studi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dr. Misran Wahyudi, SH., MH, mengawali karier sebagai prajurit TNI AU melalui Sekolah Pertama Tamtama Prajurit Karier ( Semata PK) tahun 1999. Saat menyandang pangkat Tamtama, pria kelahiran Bantul ini mengikuti sejumlah pendidikan dan latihan kemiliteran, antara lain Sekolah Kejuruan Dasar Tamtama (Sejursarta) Teknik Pesawat Terbang (TPT) tahun 2000, Diklat Terjun Payung tahun 2001, Diklat Paralayang tahun 2002, Diklat Komputer tahun 2007 dan Susjurlata TPT tahun 2007.

Tahun 2012, dirinya melanjutkan pendidikan ke Sekolah Pembetukan Bintara (Setukba) A-23 tahun 2012 Lanud Adisoemarmo, Solo. Lulus sebagai Bintara TNI AU, ayah dari Pandu Nindyo Gupito ini mengikuti Kursus Hukum Udara, Hukum HAM dan Humaniter serta Diklat Siminfok tahun 2017.

Saat ini Dr. Misran Wahyudi, SH., MH, menjabat sebagai Bintara Pullahta Perkara Hukum Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. Sebelumnya, pernah berdinas di sejumlah satuan kerja TNI AU, diantaranya di Sathar 32 Depohar 30 Lanud Abd. Saleh, Malang, Anggota Standevaldik Wingdikterbang dan Tamtama TPT Wingdikterbang Lanud Adisutjipto, Bamin Kaotmil III-14 Denpasar Babinkum TNI, dan Bintara Hukum Subdiskumdirga Diskumau, Jakarta.

Alumni SMA Islam-I Yogyakarta tahun 1996 tersebut menyelesaikan Pendidikan S1 di Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta, sementara untuk Magister Hukum, di Universitas Udayana Bali, dan tergabung dalam Peradi lulus Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di Bali pada tahun 2014.

DR. Misran Wahyudi, S.H., M.H, pernah menjadi dosen Hukum Pidana di UWM selama tiga tahun, Abdi Dalem Keparjan di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Tutor di Universitas Terbuka dan Dalang Wayang Kulit _Gagrag Mataram_ Ngayogyakarta Hadiningrat.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds