Wadan Kormar Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana BNPB

CAKRA101, Jakarta- Wakil Komandan Krops Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP., hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Hall B1 dan B2 Arena Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (02/03/2023).

Rakornas Penanggulangan Bencana kali ini mengambil tema “Penguatan Resiliensi Berkelanjutan dalam Menghadapi Bencana” yang dibuka langsung secara simbolis oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pada pembukaan Rakornas, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pentingnya identifikasi potensi bencana di setiap daerah, dan pentingnya penanganan bencana pada tahap awal, yang mencakup perlunya peringatan dini, edukasi masyarakat, tata ruang dan konstruksi di wilayah potensi bencana, pengetatan pemberian izin dan konstruksi bangunan serta pemetaan daerah rawan bencana.

“Dimana Indonesia menempati tiga teratas paling rawan bencana. Negara kita naik 81persen frekuensI bencana alamnya dari tahun 2010, naik dari 1.945 menjadi 3.544 bencana,” ujar Presiden RI Joko Widodo.

Lebih lanjut “Siaga dan waspada menjadi kunci, tidak hanya pasca bencana, tetapi juga pra bencana yang jauh lebih penting, bagaimana menyiapkan masyarakat, memberikan edukasi, memberikan pelatihan langkah-langkah antisipasi, itu harus menjadi prioritas untuk meminimalisasi korban maupun kerugian,”.

Turut mendampingi Presiden RI Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

MC101-Dispen Kormar

daniel

daniel

This will close in 20 seconds