Kasau Tinjau Pesawat C-130J-30 Super Hercules TNI AU

CAKRA101, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., meninjau pesawat C-130J_30 Super Hercules A-1339 yang baru saja tiba di tanah air, Senin (6/3/2023).

Pesawat mendarat sempurna di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta setelah menempuh 34 jam penerbangan dari Marietta, AS sejak 28 Februari 2023 lalu.

Dalam peninjauan, Kasau memasuki cockpit pesawat dan berdialog dengan Danskadron Udara 31, Letkol Pnb Anjoe Manik., M.Han, salah seorang penerbang TNI AU yang turut dalam penerbangan bersama 5 crew Lokcheed Martin dari Amerika Serikat.

Kepada Kasau, Komadan Skadron Udara 31 melaporkan beberapa rencana yang akan dilakukan Skadron 31 terkait kedatangan C-130J-30 Super Hercules. Salah satu rencana adalah pelaksanaan program _training in country_ dengan pilot Lokcheed Martin di Indonesia.

Kasau berharap, Skadron Udara 31 sebahai satuan yang akan mendapat tanggung jawab mengoperasionalkan pesawat, segera menyiapkannya dengan baik dan memanfaatkan program _training in country_ untuk meningkatkan kemampuan awak pesawat TNI AU, baik dalam pengoperasian pesawat, maupun pemeliharaan dan perawatan C-130J-30 Super Hercules.

Pesawat buatan Lokcheed Martin, AS tersebut, merupakan pesawat pertama dari lima pesawat pengadaan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan RI yang tertuang melalui kontrak pada bulan Agustus 2019 lalu.

Kelima pesawat akan ditempakan di Skadron Udara 31, Lanud Halim Perdanakusuma, sebagai pesawat angkut berat untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI AU, baik OMP ataupun OMSP.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds