TNI AU Angkat Menhan Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto Sebagai Warga Kehormatan Kopasgat

CAKRA101, Bandung- TNI AU mengangkat Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai warga kehormatan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Sebelum pengangkatan, Menhan juga diberikan baret jingga Kopasgat dan penyematan brevet kehormatan Komando Pasukan Gerak Cepat, diantaranya brevet Komando, brevet Albara, brevet Dalpur dan Pisau Komando Kopasgat oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo S.E., M.P.P., CSFA dalam sebuah upacara di Mako Kopasgat, Lanud Sulaiman, Bandung, Selasa (14/3/2023).

Kasau mengatakan, pengangkatan Menhan RI sebagai warga kehormatan Kopasgat tidak lepas dari perannya yang begitu besar dalam membangun dan membesarkan Kopasgat. Menurut Kasau, Menhan RI punya andil besar dalam meningkatkan profesionalisme prajurit dan modernisasi peralatan Kopasgat.

“Peristiwa ini sangat membanggakan kami dan keluarga besar Kopasgat. Kami akan loyal dan terus berlatih,” ujar Kasau.

Seusai menerima penghargaan sebagai warga kehormatan Kopasgat, Menhan RI menyatakan rasa bangga dan berjanji akan menjaga kehormatan sebagai keluarga Korps Baret Jingga.

“Saya sangat bangga menerima penghargaan tersebut, saya berjanji akan menjaga kehormatan korps baret jingga dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Menhan RI.

Pada kegiatan tersebut, juga divisualisasikan rangkaian demo udara dan darat, sebagai bentuk profesionalisme Kopasgat dan pertanggung jawaban kepada rakyat.

Demo udara dan darat melibatkan 1.876 prajurit, 41 Rantis & Ransus Kopasgat, seperti APC ILSV, AOC Turangga, Oerlicon, Radar Smart Hunter, Ransus P2 Komando, Ground Radar Survailance, dan Ransus P6 ATAV.

Selain itu, juga dilibatkan alutsista udara meliputi 5 pesawat C-130 Hercules, 2 EMB 314 Super Tucano, 1 Hekikopter EC-725 Caracal dan 1 CN-295. Kehadiran pesawat-pesawat TNI AU sekaligus sebagai ajang latihan profesiensi penerbang-penerbang TNI AU.

Seusai visualisasi demo udara dan darat, Menhan RI didampingi Kasau dan Dankopasgat, serta pejabat lainnya, meninjau pameran statik Alusista dan Heritage Kopasgat. Selain itu Menhan RI juga memberikan pengarahan kepada ribuan prajurit Kopasgat. Pada kesempatan tersebut Menhan RI juga menyerahkan bantuan ratusan motor operasional untuk Kopasgat.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketum PIA Ardya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Toni Hardjono, S.E., M.M., Dankodiklatau Marsdya TNI Ir. Tedy Rizaliardi, M.Si (Han), Irjenau, para Asisten Kasau, Pangdam III Siliwangi, Wagub Jawa Barat, serta pejabat Forkompimda Jawa Barat dan Kabupaten Bandung.

MC101-Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds