Kasau Award Kembali Digelar di Tahun 2023

Cakra101, Jakarta.-  Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau) kembali menggelar Kasau Award ke-5 di tahun 2023 dengan tema besar,” TNI AU Patriot NKRI yang disegani di Kawasan.” Ajang ini adalah ajang bergengsi yang rutin digelar TNI AU untuk para peliput di TNI AU dalam rangka mengapresiasi para jurnalis dan awak media nasional yang telah berpartisipasi dalam mengharumkan nama serta membangun opini positif TNI AU melalui karya-karya jurnalistik. Selain itu, semangat Kasau Award ini juga didasarkan pada HUT TNI AU yang ke-77 pada 9 April 2023 mendatang. Soft launching dan sosialisasi ajang apresiasi TNI AU terhadap insan jurnalis nasional, “Kasau Award” berlangsung di Al-Jazeera Restaurant dan Function Hall Polonia, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis, (16/3/23).

Dalam pembuka acara, Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah S.Sos. menyampaikan bahwa Kasau Award tahun ini merupakan perhelatan untuk yang ke 5 kalinya.

Indan mengharapkan agar penyelenggaraan tahun Kasau Award tahun ini semakin meningkatkan partisipasi peserta dan lebih baik lagi dalam penjurian maupun penyelenggaraan Kasau Award.

“Hari ini kita undang teman-teman media, intinya kita ingin memperbanyak konten-konten dan artikel karena banyaknya antusias dari masyarakat. Dalam ajang tahun ini ada tambahan kategori yang ikut menampung konten dari partisipasi masyarakat,” ujar mantan Danlanud Adi Soemarmo tersebut.

Indan kemudian menerangkan bahwa ajang ini merupakan momentum untuk memperbanyak karya-karya jurnalistik tentang TNI AU. Bahan yang hendak diusung oleh para peserta boleh diambil dari tahun lalu, terhitung dari Januari 2022 hingga April 2023 atau momen-momen yang lain.

Foto: Dok MC101

Untuk meningkatkan kualitas penilaian, Indan menjelaskan bahwa TNI AU melibatkan dewan juri dan sejumlah praktisi seperti dewan pers, akademisi, dan lainnya. Anggota dewan juri tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Dr. Dadang Hidayat., M.Si. (Dekan Fikom Unpad), (KETUA DEWAN JURI)
  2. Ade P. Marbun, (SEKRETARIS DEWAN JURI)
  3. Dr. Gun Gun Heriyanto., M.Si (Akademisi)
  4. Eduard Luqman (Praktisi Media)
  5. Perwakilan Dewan Pers
  6. Perwakilan Komisi Penyiaran Indonesia
  7. Alex Wibisono (Praktisi Media Digital)
  8. Daddy Canon (Praktisi Fotografi)
  9. Sonaji Wibowo (TNI AU)

“Harapannya adalah agar media dapat terus sebagai mitra strategis TNI AU dengan ajang sebagai bentuk apresiasi Kasau kepada media,” pungkasnya.

Foto: Dok MC101

Kasubdispenum TNI AU, Kolonel Sus Sonaji Wibowo menyebutkan bahwa Kasau Award 2022 tahun lalu diikuti oleh 111 jurnalis nasional dengan 265 karya jurnalistik. “Sangat membanggakan bagi kami untuk diliput semua media tanah air,” katanya.

Ia menambahkan bahwa tema “TNI AU Patriot NKRI & Disegani di Kawasan”, mengakomodasi kemauan Kasau.

“Tahun ini ada 6 kategori yang dilombakan dan lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 5 kategori dengan total hadiah Rp 332.500.000 berikut dengan tropi dan piagam Kasau,” lanjutnya.

Kategori yang dilombakan yaitu: isu strategis, humanis untuk media cetak dan online, news televisi, foto jurnalistik untuk jurnalis, foto umum untuk masyarakat, dan konten video untuk masyarakat.

Dispenau memberikan waktu kepada para peserta untuk mengirimkan karya-karya jurnalistik dimulai dari hari ini, Kamis, 16 Maret 2023, hingga Minggu, 30 April 2023. Sedangkan pengumuman untuk para pemenang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2023 dengan penyerahan hadiah pada tanggal 31 Mei 2023.

Foto: Dok MC101

Karya jurnalistik dapat dikirimkan ke gmail: [email protected] dengan ketentuan-ketentuan yang sesuai dengan kategori terkait.

MC101 – W012/Dan

daniel

daniel

This will close in 20 seconds