Jeanne d’Arc 2023: 2 Kapal Perang AL Perancis Singgah di Indonesia

Cakra101, Jakarta.- Dua kapal perang Angkatan Laut Perancis, LHD Dixmude dan Frigate La Fayette singgah di Indonesia, tepatnya di Dermaga JITC II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta (28/3/2023). Kedua kapal tersebut telah singgah selama beberapa hari sejak 25 Maret 2023. Persinggahan ini merupakan bagian dari misi Jeanne d’Arc yang dilaksanakan selama 155 hari sejak Februari hingga Juli 2023 nanti. Kedua kapal tersebut memulai keberangkatannya dari Toulon (Perancis), menuju Djibouti (Afrika Timur), Kochi (India), Singapura (Singapura), Jakarta (Indonesia), Townsville (Australia), Noumea (Kaledonia Baru), Fiji (Republik Fiji), Tonga (Tonga), Papeete (Pulau Tahiti), Acapulco (Meksiko), Pointe-A-Pitre (Guadeloupe) dan berakhir di Fort-de-France (Prancis).

Foto: Dok Ministère des Armées

Terkait dengan Misi Jeanne d’Arc dan keberadaan armada laut Perancis di Indonesia, Kapten Kapal LHD Dixmude, Emmanuel Mocard menerangkan, “Misi Jeanne d’Arc merupakan misi maritim lintas dunia yang bertujuan untuk melatih para akademisi AL Perancis dalam framework yang realistis. Perihal tersebut akan juga diuji dalam latihan yang diadakan pada esok hari (29/3/2023) bersama dua kapal Indonesia. Selain itu, LHD Dixmude juga membawa 120 personil taktis Angkatan Darat Perancis yang juga ikut latihan bersama TNI Angkatan Darat, dalam “Garuda Guerrier Joint Exercise” dengan Batalion Infanteri Lintas Udara 328/Kostrad di Cilodong, Jawa Barat.”

Foto: Dok MC101

Ia juga melanjutkan bahwa keberadaan AL Perancis ini juga bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dengan negara-negara mitra Perancis, serta mobilitas Perancis dalam menjaga kedaulatan wilayah maritim Perancis.

Foto: Dok MC101

Melalui hasil pantauan dan dokumen press kit yang diberikan, tercatat LHD Dixmude membawa 600 personil gabungan dari 3 matra, darat, laut, dan udara, 3 unit helikopter, sejumlah ranpur darat maupun amfibi, beserta fasilitas medis.

MC101 – W012/Dan

daniel

daniel