Jelang HUT TNI AU yang ke-77, TNI Angkatan Udara Gelar Acara Gladi Bersih

Cakra101, Jakarta.- Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Udara ke-77 yang akan digelar pada hari Minggu (9/4/2023) dengan tema “TNI AU adalah Profesional, Tangguh, dan Modern sebagai Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan”, TNI AU menggelar acara gladi bersih sebagai bentuk demonstrasi persiapan di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (6/4/2023). Acara ini bersifat umum dan terbuka kepada khalayak publik sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat. Dalam rangkaian kegiatan ini, TNI AU menampilkan sejumlah atraksi baik dalam demo udara, maupun darat. Selain itu, juga ditampilkan alutsista (alat utama sistem senjata) milik TNI AU.

Foto: Dok MC101

Dalam hal ini, demo udara menampilkan pesawat-pesawat TNI AU, demonstrasi simulasi pembebasan sandra (basra) oleh pasukan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Arsenal senjata Kopasgat, yang juga ikut dalam defile. Sedangkan demo darat menampilkan simulasi pertempuran darat yang juga dilaksanakan oleh Kopasgat, diantaranya adalah penerjunan 77 prajurit Kopasgat, Pengendalian Pertempuran, Pembebasan Sandra, Tindakan Keamanan, Fast Rope dan Combat SAR. Selain itu, demo darat juga akan menampilkan kendaraan khusus dan kendaraan taktis milik Kopasgat, TNI AU.

“Ditunjukkannya berbagai alutsista TNI AU pada peringatan Hari Jadi Angkatan Udara tahun ini, adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI AU kepada rakyat Indonesia”, terang Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah.

Foto: Dok MC101

Mengenai acara gladi bersih ini, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan, “Saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran rekan-rekan dalam gladi bersih HUT TNI AU yang ke-77 di tahun 2023. Syukur karena acara ini telah berlangsung dengan baik. Namun demikian, kami akan terus memperbaiki performa kami,” terangnya dalam kesempatan doorstop di hadapan awak media.

“Mengenai diselenggarakannya perayaan HUT TNI AU yang ke-77 di tanggal 9 April 2023 nanti, Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono akan menyandang peran sebagai inspektur upacara. Upacara ini dengan sengaja digelar dengan cukup besar dan meriah mengingat bahwa TNI AU telah mencapai ke-77 tahun, dimana kita bersama-sama menghayati nilai-nilai perjalanan pembangunan TNI AU yang cukup panjang,” pungkasnya.

Foto: Dok MC101

Selain itu, Kasau juga menerangkan bahwa upacara HUT TNI AU akan melibatkan 82 pesawat terbang dari berbagai jenis, serta melibatkan pasukan sebanyak 3.300 personil (2.200 pasukan darat sebagai pasukan parade dan defile, 1.100 sebagai awak pesawat dan ground crew pendukung pesawat). Terkait hal ini, ia berharap bahwa upacara HUT TNI AU yang ke-77 ini dapat berjalan dengan baik, lancar, dan dengan selamat.

MC101 – W012/Dan

daniel

daniel

This will close in 20 seconds