Tingkatkan Kerjasama TNI AU – AU Jepang, Kasau Kunjungi Jajaran Angkatan Udara Bela Diri Jepang

CAKRA101, Tokyo – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., melaksanakan Kunjungan Kehormatan ke Markas Besar dan Satuan Angkatan Udara Bela Diri Jepang (Japan Airforce Self Defence Force – JASDF) di Tokyo, mulai hari Senin (5/6/2023) hingga hari Rabu (7/6/2023).

Kedatangan Kasau ke Markas Besar Kemenhan Jepang pada Senin (5/6/2023) disambut Kepala JASDF General Uchikura Hiroaki. Sebelumnya Kasau menerima Jajar Kehormatan (Honor Guard Ceremony) dari pasukan JASDF) di Markas Besar Kementerian Pertahanan, Jepang.

Kasau didampingi Kepala Staf JASDF General Uchikura Hiroaki, disambut oleh para pejabat tinggi JASDF.

Kunjungan Kasau ke Jepang sebagai Counterpart Visit guna meningkatkan hubungan baik dan kerjasama angkatan udara kedua negara kedepan.

Kedua kepala staf Angkatan Udara membicarakan peluang peningkatan kerjasama militer yang lebih dalam antara TNI AU dan JASDF.

Selain anjangsana kehormatan dan Command Brief dengan Kepala Staf JASDF, Kasau juga melaksanakan upacara peletakan karangan bunga di Markas Besar Kementerian Pertahanan. Setelah itu Kasau juga melaksanakan anjangsana kehormatan kepada Wakil Menhan Jepang untuk Hubungan Internasional, Oka Masami yg merupakan pejabat karir kemenhan Jepang, dengan latar belakang pakar hukum internasional.

Selanjutnya pada hari Selasa (6/6/2023) hingga Rabu (7/6/2023), Kasau mengunjungi satuan JASDF di Pangkalan Udara Iruma AFB dan Chitose AFB. Pada hari Selasa (6/6/2023) rombongan Kasau mengunakan helikopter CH-47 Chinook terbang dari helipad Kemenhan Jepang selama 20 menit menuju Iruma AFB yang terletak di kota Sayama, Perfektur Saitama di sebelah Barat Laut Tokyo. Dari Sayama, setelah mendapat _flight briefing_ dari Komandan Wing Angkut Taktis ke 2, rombongan naik pesawat angkut Kawasaki C-2 menuju Pangkalan Chitose AFB di pulau Hokkaido, pulau paling utara Jepang, dengan waktu tempuh 1 jam 40 menit.

Setiba di Chitose AFB Kasau disambut oleh Komandan Pangkalan dan setelah waktu Ishoma siang mengunjungi satuan-satuan di sana. Satuan-satuan tersebut meliputi Wing Tempur Taktis ke 2 dengan pesawat F-15J dan Kawasaki T-4, juga Skadron Pertahanan Pangkalan dengan rudal Patriot dan Grup Angkut Spesial.

Selama kunjungan di Chitose Kasau didampingi Komandan Wing Udara ke 2 yaitu Mayjen Yukinori Yanagi dengan latar belakang penerbang F-15.

Diharapkan kerjasama militer antara TNI AU dan JASDF akan meningkat diberbagai bidang, meliputi operasi, latihan, dan termasuk pendidikan yang bermanfaat bagi dua negara kepulauan ini, dalam menjaga stabilitas kawasan Asia Pasifik.

MC101-Dispenau

Saprudin

Saprudin