Jelang Latma Cope West 2023, Latma Cope West 2023 Digelar, Skadron F-16 AU AS Mendarat di Pekanbaru

CAKRA101, Pekanbaru – Enam pesawat tempur jenis F-16 C/D Block 40 Angkatan Udara AS dari Komando Utama United States Pacific Air Force_ (US PACAF) mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru, Sabtu (10/6/2023). Keenam pesawat akan mengikuti latihan bersama (Latma) TNI AU – US PACAF “Cope West 2023” yang akan berlangsung pada tanggal 12-23 Juni 2023.

Flight pesawat F-16 dengan _call sign Pine Flight_ ini dipimpin _flight leader_ Ltc. Eric Broyles. Seluruh pesawat tersebut, berasal dari _35th Fighter Squadron, 8th Fighter Wing “Wolf Pack” Kunsan Air Force Base_ (AFB) di Bandara Gunsan, pantai barat semenanjung Korea Selatan. Kota Gunsan, terletak 180 km di selatan ibukota Seoul. Penerbangan dari Kunsan AFB menuju Lanud RSN, menempuh waktu tujuh jam terbang dengan pengisian bahan bakar di udara sepanjang perjalanan.

Sementara TNI AU, melibatkan sejumlah pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3 “Dragon” dan Skadron Udara 14 “Tiger” dari Lanud Iswahjudi, Madiun serta Skadron Udara 16 “Ryder” dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Kedatangan pesawat F-16 US PACAF disambut oleh Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad Nurdin, Komandan Wing Udara 6 Kolonel Pnb Asri Efendi Rangkuti dan sejumlah pejabat Lanud Rsn lainnya.

Latma Cope West merupakan latihan bilateral antara TNI AU dan US PACAF dengan tujuan meningkatkan kerjasama dan profesionalitas personel Angkatan Udara kedua negara yang sama-sama mengoperasikan pesawat tempur F-16. Cope West 2023 tercatat sebagai latihan Cope West ke 10 dengan tuan rumah Indonesia sejak dimulai pertama kali di Medan pada tahun 1989. Selain itu, latihan ini merupakan implementasi atas hubungan bilateral yang telah lama terjalin baik di antara kedua negara untuk bersama-sama menjaga stabilitas regional di Asia Tenggara.

MC101-Dispenau

Saprudin

Saprudin

This will close in 20 seconds