Tutup Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna AAU, Kasau Minta Capaja Terus Perdalam Ilmu Pengetahuan

Cakra101, Yogyakarta. Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., meminta para Calon Perwira Remaja (Capaja) lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU), terus menggali dan memperdalam ilmu pengetahuan.

“Meskipun sudah ditempa dengan berbagai materi pembelajaran dan pembinaan, Calon Perwira Remaja tetap harus menggali ilmu dan memperdalam pengetahuan,” ujar Kasau.

Hal tersebut disampaikan Kasau saat memimpin upacara penutupan Pendidikan, sekaligus Wisuda Sarjana Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 2023, di Gedung Sabang- Merauke Kampus AAU, Yogyakarta, Jumat (7/7/2023).

Kasau mengucapkan selamat kepada 114 Trauna dan Taruni AAU yang telah menyelesaikan pendidikan militer pertama di Bumi Maguwo.

“Secara khusus, saya menyampaikan selamat kepada Sermatutar Muhammad Galuh Safari Rahmat, sebagai wisudawan terbaik dan berhak menyandang penghargaan Adhi Makayasa, sekaligus
peraih Adhi Sakti Aeronautika,” ucap Kasau.

Ucapan yang sama disampaikan Kasau kepada Sermatutar Geraldino Heldan Septian Putra, peraih Adhi Sakti Elektronika dan Sermatutar Hakim Ar-Rifki Ramadhani, peraih Adhi Sakti Teknik Manajemen Industri, serta para peraih Sastra Viratama Jaya dan Cum Laude.

Kasau berpesan Para wisudawan harus bersyukur dan berbangga atas pencapaian dan jadikan sebagai kehormatan yang harus dijaga dimanapun dan kapanpun bertugas kelak.

“Almamater AAU telah mendidik kalian sedemikian rupa, mempertajam analisis dan memperluas cara pandang kalian, hingga memperkuat fisik dan mental dalam menghadapi tugas ke depan. Berbagai hal tersebut tentu tidak cukup. Keinginan untuk terus belajar, harus ada di dalam diri kalian, dan harus menjadi mindset yang tertanam di dalam setiap jenjang pengabdian,” tambah Kasau.

Setelah resmi disematkan pangkat sebagai perwira TNI AU nantinya, pada saat tersebut telah melekat pula landasan kehormatan, kebanggaan, keteladanan, dan amanah yang harus dipegang teguh oleh seluruh perwira TNI Angkatan Udara.

“Hanya dengan landasan yang mulia inilah, seorang perwira akan mampu
memberikan pengabdian terbaiknya, tidak peduli sesulit apa pun medan tugas yang akan kalian hadapi,” ungkap Kasau.

Pada Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna AAU tahun 2023, tercatat 102 Taruna dan 12 Taruni AAU, satu Taruna merupakan lulusan NDA (National Defense Academy) di Jepang atas nama Firjatullah Radita Putra.

Hadir saat acara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna AAU tahun 2023 Ketua Umum PIA Ardhya Garini selaku Ibu Taruna Akademi Angkatan Udara, Ibu Inong Fadjar Prasetyo, Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI dan Ibu, Gubernur Akademi Angkatan Udara dan Ibu Asuh Taruna Akademi Angkatan
Udara.

Hadir juga para Gubernur Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian, Komandan Kodiklatau dan Ibu, Kapolda DIY, Danrem 072 Pamungkas, Danlanal Yogyakarta, serta para pejabat TNI – POLRI di Daerah Istimewa Yogyakarta dan para Rektor Perguruan Tinggi dan Pejabat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga DIY serta segenap sivitas
akademika Akademi Angkatan Udara dan para orang tua Taruna dan undangan.

Para calon perwira remaja lulusan AAU dituntut untuk berintegritas, disiplin dan profesional karena tugas mereka cukup berat sebagai pengawal kedaulatan dan pertahanan negara di udara serta tugas-tugas lain dalam mendukung pembangunan nasional.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel